Tutorial Elementary OS, Distro Linux Keren Turunan Ubuntu

Beberapa hari yang lalu saya sempat mencoba distro yang tergolong baru ini. Ya, namanya adalah Elementary OS, sebuah distro dari Canada yang dibuat berbasiskan Ubuntu. Karena dibuat dari Ubuntu, maka distro ini tidak sulit digunakan. Ditambah lagi user interface atau tampilan distro ini benar-benar bagus layaknya Mac.

Setelah menginstall distro tersebut saya sempatkan untuk menulis review dan beberapa tutorial untuk Elementary OS ini. Sebenernya cara menggunakan Elementary OS tidak jauh beda dengan Ubuntu, tapi saya tetap tuliskan apa saja yang saya lakukan ketika menggunakan distro ini.

Tutorial Elementary OS, Distro Linux Keren Turunan Ubuntu

Lho kan cara makenya sama saja dengan Ubuntu, kok harus ditulis segala? Ya, adapun salah satu tujuan saya menulis ini adalah agar orang-orang yang belum terbiasa dengan Linux menjadi semakin terbiasa dan semoga saja anggapan bahwa Linux itu susah menjadi hilang.

tutorial elementary os
Logo Elementary OS

Bagi orang yang biasa berkutat dengan komputer tentunya tulisan ini ga begitu berarti, tapi bagi orang yang awam, semoga bisa berguna. Okay, tanpa basa basi lagi, inilah daftar tutorial Elementary OS yang saya tulis:

  1. Review Singkat Elementary OS, Distro Linux dengan Tampilan Mac
  2. Hal Pertama yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Elementary OS
  3. Cara Install Java di Elementary OS Linux
  4. Cara Install Netbeans di Linux untuk Elementary OS
  5. Install VirtualBox Versi Terbaru pada Elementary OS
  6. Cara Install Sublime Text di Elementary OS Luna
  7. Cara Menginstall Apache, PHP dan MySQL pada Elementary OS
  8. Cara Install Google Chrome di Elementary OS
  9. Cara Install Opera Browser di Elementary OS

Bagaimana? tidak susah kan distro ini? Yap, tidak ada yang susah jika kita mau belajar. Ingat, yang membuat kita merasa bahwa Linux itu sulit adalah karena kita mengenal Windows lebih awal hehe.

Sekian daftar tutorial tentang Elementary OS, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *