Review Singkat Elementary OS, Distro Linux dengan Tampilan Mac

Biasanya orang-orang yang benar-benar “geek” dengan Linux tidak akan memperhatikan tampilan dari distro favorit mereka. Tetapi tidak semua orang berpikir seperti itu. Bagaimanapun juga tampilan antar muka (interface) merupakan point yang sangat penting. Dengan interface yang menarik tentunya akan banyak orang yang menggunakannya.

Elementary OS adalah distro Linux yang masih tergolong baru. Versi pertamanya direlease pada tahun 2011 dengan nama Luna. Distro yang satu ini memiliki antar muka yang sangat cantik. Bahkan bisa dibilang mirip dengan interface Mac. Elementary OS adalah distro based on Ubuntu. Tampilan dari Elementary OS ini banyak terinspirasi dari Mac. Dilihat sekilas mungkin Anda akan mengira bahwa itu adalah Mac.

Review Singkat Elementary OS Linux

Berikut ini adalah review singkat dari Elementary OS yang baru saja saya install.

Size Distro Elementary OS

Ketika diunduh, image file iso dari Elementary OS berukuran 694.2 MB. Dengan size yang masih di bawah 700 MB tentunya distro ini dapat dengan mudah di burn ke  CD. Karena CD-ROM saya rusak, maka mau tidak mau saya harus menggunakan USB flashdisk untuk melakukan instalasi. Bagi Anda yang berminat mencoba, Anda dapat menggunakan software Universal USB Installer untuk membuat USB installer dari Windows. Cek tutorialnya di sini.

Tampilan Interface Elementary OS

Dari sisi tampilan, seperti yang saya sebutkan di awal bahwa Elementary OS ini memiliki tampilan yang sangat luar biasa bagus. Halaman awal ketika login mirip seperti login di Ubuntu 12.04 ke atas. Halaman desktop pun terlihat sangat simple, terdapat menu bar di atas dan dock di bagian bawah, sangat mirip dengan Mac.

Aplikasi Bawaan Elementary OS

Dari sisi aplikasi, jika dibandingkan dengan Ubuntu, ternyata aplikasi yang terinstall lebih sedikit. Bahkan aplikasi pengolah kata seperti Libre Office belum terinstall. Ya, hal itu memang sebanding dengan tampilan dari distro yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa aplikasi default dari Elementary OS:

  • Midori Web Browser – Browser bawaan dari distro ini adalah Midori. Pasti banyak yang ga kenal kan?? Midori adalah browser yang sangat ringan digunakan. Meskipun ringan, tetapi Midori mendukung website seperti Google, Youtube, Facebook, dll. Jadi intinya Midori juga sangat layak digunakan, bahkan ketika saya membuka Facebook dengan browser ini, tidak ada peringatan atau masalah apapun.
  • Geary Mail – Geary Mail adalah email client yang dapat dengan mudah digunakan. Cukup masukkan alamat email dan password Google Anda, maka Geary sudah dapat menampilkan email-email di akun Gmail Anda.
  • Maya (Calendar) – Seperti halnya OS yang lain, aplikasi Calendar juga terinstall di Elementary OS. Anda dapat mengatur jadwal dan merencanakan aktivitas dengan aplikasi ini.
  • Totem Movie Player – Aplikasi pemutar video default bawaan distro yang satu ini saya pikir sudah cukup memenuhi kebutuhan. Tapi ingat, sama seperti Ubuntu, codex untuk memutar video dan audio belum terinstall, jadi Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Ribet ya? Eits tunggu dulu, cukup konek internet, buka file video, maka sistem akan secara otomatis menginstallkannya untuk Anda.
  • Noise Audio Player – Untuk aplikasi audio, Elementary OS menggunakan Noise, aplikasi pemutar musik yang cepat dan cantik dibuat dengan GTK3. Namun, di dalam distro ini, aplikasi tersebut diberi nama “Music”. Seperti biasa, library untuk memutar file MP3 juga belum tersedia, tapi selama Anda terkoneksi dengan internet, semua akan sangat-sangat mudah.
  • Image Viewer – Shotwell tetap menjadi aplikasi pengatur image terbaik (menurut saya). Ya, di dalam distro ini  aplikasi untuk melihat gambar adalah Shotwell.
  • Scratch – Scratch adalah text editor bawaan dari distro ini. Fungsinya mirip seperti Gedit, atau Notepad kalau di Windows.
  • Pantheon File Browser – Untuk file browser, Elementary OS menggunakan Pantheon Files. Apa sih file browser itu? gampangnya ya Windows Explorer kalau di Windows.

Oke, itu adalah beberapa aplikasi default dari Elementary OS. Selain itu tentunya masih banyak aplikasi yang belum disebutkan seperti Docky untuk Dock-nya, Pantheon Greeter dari LightDM untuk session manager-nya, Pantheon Terminal untuk terminalnya, GNOME-Shell, dan masih banyak lagi.

Screenshots Elementary OS

Tentunya tidak lengkap review singkat ini jika tidak dilengkapi dengan screenshots. Berikut ini adalah beberapa screenshots dari Elementary OS:

review singkat elementary os geary email client elementary os
midori browser elementary os noise dan totem audio dan video player elementary os
pantheon terminal elementary os pantheon file browser dan menu aplikasi elementary os

Sekian Review Singkat Elementary OS, Distro Linux dengan Tampilan Mac. Pastikan Anda membaca post tentang apa yang harus dilakukan setelah install Elementary OS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *