Cara Install Netbeans di Linux untuk Elementary OS

Beberapa saat yang lalu saya sudah posting tentang cara install Java di Elementary OS. Setelah Java, tentunya kita butuh IDE untuk coding bikin program. Nah, isi post sekarang ini adalah tentang cara install Netbeans di Linux untuk Elementary OS.

Sebenarnya, cara instalasi di Elementary OS sama saja dengan ketika kita install di Ubuntu. Tapi supaya lebih yakin, judul di atas saya khususkan untuk Elementary OS.

Cara Install Netbeans di Linux untuk Elementary OS

Untuk menginstall Netbeans, pastikan Java sudah terinstall pada komputer Anda. Jika belum dan Anda tidak tahu caranya, bisa ikuti tutorial yang baru saja saya tulis di cara install Java di Elementary OS.

Install Netbeans juga bisa dilakukan dengan apt atau melalui software center, tetapi untuk mendapatkan Netbeans yang paling update, sebaiknya kita download saja di situsĀ https://netbeans.org/

Pada saat mendownload, pilihlah Netbeans Bundles yang paling lengkap “All” supaya bisa develop aplikasi lain seperti PHP atau C/C++ di Netbeans.

Setelah proses download selesai, bukalah terminal (Ctrl + Alt +T), kemudian pindahlah ke direktori dimana netbeans tersebut di download dan ketikkan perintah berikut ini:

sudo sh netbeans-7.4-linux.sh

Setelah jendela instalasi terbuka, Anda dapat melakukan instalasi seperti biasa. Jika ingin mengkonfigurasi yang akan diinstall silakan klik Costumize. Ya, bagian ini Anda pasti ngerti lah, tinggal next next aja trus Finish kok.

Proses instalasi Netbeans ini cukup lama, oleh karenanya Anda harus sabar menunggu. Jika sudah selesai silakan buka Netbeans untuk melihat hasilnya.

cara Install netbeans di linux untuk elementary os
Netbeans on Elementary OS

Berbeda dengan Ubuntu, biasanya interface Netbeans akan sedikit rusak di sana. Pada Elementary OS ini, tampilan Netbeans baik-baik saja. Sekian tutorial install Netbeans di Elementary OS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *