Tips Membaca Ebook Supaya Nyaman Menggunakan Adobe Reader

Semakin lama, peran buku sepertinya semakin tergantikan dengan adanya ebook. Hal ini dibuktikan ketika kita saya kuliah beberapa waktu lalu (saat ini saya sudah bukan mahasiswa). Mahasiswa sudah mulai jarang ada yang mencetak buku, bahkan bisa dikatakan 98% mahasiswa di jurusan saya, Komputasi Statistik, tidak ada yang mencetak buku kuliah, semuanya menggunakan ebook yang diberikan dosen untuk mata kuliah tertentu.

Faktor pertama mungkin karena ebook nya begitu tebal, jadi malas banget kalau harus bawa-bawa buku ke kampus. Faktor kedua mungkin karena berat buku sebagai hasil ebook yang dicetak tadi, jika dibandingkan dengan berat laptop, masih lebih ringan laptop. Jadi ya lebih baik bawa laptop karena lebih serba guna. Yap, mungkin itulah alasannya kenapa ebook lebih banyak diminati setidaknya di kampus saya dulu.

Tips Membaca Ebook Supaya Nyaman Menggunakan Adobe Reader

Bagi pengguna Windows, biasanya untuk membuka file pdf (ebook) menggunakan software Adobe Reader. Adobe Reader ini adalah salah satu software milik Adobe yang dapat secara gratis diunduh dan digunakan. Saat ini Adobe Reader berada pada versi XI.

Jika Anda juga merupakan pengguna Adobe Reader dan suka membaca ebook, maka beberapa tips di bawah ini mungkin berguna. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar nyaman dalam membaca ebook di Adobe Reader:

Sesuaikan ukuran dokumen – Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan besarnya dokumen (zoom) agar sesuai dengan ukuran layar komputer Anda. Saya sendiri cenderung menyukai ukuran zoom antara 80 sampai 90%.

Gunakan read mode – Read mode pada Adobe Reader akan menghilangkan icon-icon yang mungkin dapat mengganggu proses membaca Anda. Jika Anda menyukai mode ini, Anda dapat menggunakannya.

Pengaturan page display – Adobe Reader memiliki beberapa page display. Secara default, page display yang digunakan adalah Single Page View. Mungkin saja Anda tertarik menggunakan Two Page View.

Restore last view settings when reopening documents – Ini adalah fitur Adobe Reader yang saya sukai. Dengan menggunakan opsi ini, maka secara otomatis ketika kita membuka file pdf, Adobe Reader akan mengembalikan setting terakhir kita ketika membaca dokumen tersebut. Misalnya saja hari ini kita membaca ebook sampai halaman 100. Besoknya ketika kita membuka ulang pdf, maka Adobe Reader akan mengembalikan halaman ke halaman 100. Jadi kita tidak perlu lagi mengingat-ingat halaman berapa kita terakhir kali membaca.

Untuk mengaktifkan opsi restore last view settings when reopening documents tersebut, Anda dapat mengeklik menu Edit >> Preferences, dan masuklah ke Categories Document. Paling atas sendiri terdapat opsi tersebut, centang saja. Lebih jelas lihat gambar di bawah ini:

tips membaca ebook supaya nyaman menggunakan adobe reader
Opsi restore last view settings

Sekian tips membaca ebook supaya nyaman menggunakan Adobe Reader. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *