Hal Pertama yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Elementary OS

Sebelumnya saya telah mereview sedikit tentang Elementary OS di sini. Review tersebut memang masih sangat terbatas, jika Anda ingin lebih mengenal distro ini, tentunya mencobanya secara langsung akan lebih asyik.

Oke, ceritanya kita sudah nginstall Elementary OS nih, sekarang apa yang harus kita lakukan? Nah, bagi yang masih awam tentang Linux pasti bingung. Oleh karena itu, saya sedikit menulis di sini tentang hal pertama yang harus dilakukan setelah menginstall Elementary OS.

Meskipun artikel yang serupa telah banyak dipost oleh website di luar sana, tetapi tentunya setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda.

Hal Pertama yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Elementary OS

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan setelah menginstall Elementary OS.

Update dan Upgrade System

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mengupdate dan mengupgrade versi Elementary OS Anda. Anda dapat menggunakan Update Manager dengan cara mengeklik teks Applications di pojok kiri atas desktop dan mengetikkan “update manager” dan klik Check. Selain itu, Anda juga dapat membuka terminal (Ctrl + Alt + T) dan mengetikkan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Oh iya, untuk mengupdate kita perlu koneksi internet ya. Jika modem Anda sudah terdeteksi secara otomatis, maka Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Jika belum… hehe cari pinjeman aja deh yang modemnya sudah auto detek.

Identifikasi Hardware

Setelah diupdate, selanjutnya kita harus mengidentifikasi hardware dari laptop kita. Biasanya, driver wireless belum terinstall, sehingga kita harus menginstallnya terlebih dahulu.

Untuk melakukannya, buka System Settings, klik Additional Driver. Tunggu beberapa saat karena sistem sedang mengidentifikasi driver apa saja yang belum terinstall. Pada laptop saya, yang belum terinstall adalah Broadcomm STA wireless driver. Untuk menginstallnya silakan klik  Activate. Ingat! harus konek ke internet ya 😀

hal pertama yang harus dilakukan setelah menginstall elementary os
Add Wireless Hardware

Setelah proses install hardware selesai silakan restart komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.

Install Aplikasi

Untuk menginstall aplikasi, selain menggunakan terminal, Anda juga dapat menggunakan Software Center. Paling mudah sih pake Software Center karena Anda tidak perlu ngetik di terminal hehe.

  • Browser – Browser default Elementary OS adalah Midori, jika Anda tidak nyaman dengannya, Anda mungkin harus menginstall browser favorit Anda, Chromium atau Firefox misalnya.
  • Office – Elementary OS tidak disertakan aplikasi pengolah kata, oleh karena itu Anda harus menginstall aplikasi office seperti Libre Office.
  • Audio dan Video – Supaya dapat memutar baik file audio maupun video, Anda harus menginstall librarynya terlebih dahulu. Cukup buka file audio/video tersebut maka sistem akan menginstallnya secara otomatis.
  • Aplikasi pembuka archive – Jangan lupa install aplikasi untuk membuka file arsip seperti rar. Gunakan perintah berikut pada terminal untuk menginstall unrar-nonfree dan teman-temannya.
    sudo apt-get install unace unrar rar zip unzip p7zip-full p7zip-rar sharutils
  • Aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda – Jangan lupa untuk menginstall aplikasi yang biasa Anda gunakan, misalnya GIMP atau Inkscape.

Tweak Elementary OS

Bagi Anda yang masih kurang puas dengan tampilan Elementary OS, Anda dapat melakukan tweaking terhadap theme, icons, wingpanel, dan lainnya. Untuk sementara cari saja tutorialnya di internet ya.

Masih banyak hal yang dapat dilakukan, yang pasti setiap orang berbeda-beda. Sekian postingan singkat ini, Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *