Tutorial Yii PHP Framework Bahasa Indonesia

Yii adalah salah satu framework PHP yang banyak digunakan. Saya sendiri lebih enjoy ketika membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan Yii Framework.

Tentunya ada alasan kenapa Yii ini banyak digunakan dan saya menyukai framework PHP yang satu ini. Alasan yang pertama adalah karena dengan Yii kita bisa membuat fungsi CRUD dengan cepat. Ya, tak lain tak bukan ini karena adanya Generator bernama Gii di dalam Yii. Tapi bukan hanya itu, Gii bukan satu-satunya penyebab kita bisa membuat berbagai fungsi PHP dengan cepat. Dengan menggunakan Yii ini kita bisa melakukan query dan menampilkannya dalam bentuk tabel dengan cepat pula. Bukan hanya cepat, tapi juga dengan source code yang ringkas.

Tutorial Yii PHP Framework Bahasa Indonesia

Alasan kedua kenapa menggunakan Yii PHP framework adalah karena adanya extensions. Extensions ini sangat memudahkan kita untuk membuat suatu fungsi. Salah satu contoh Extensions adalah YiiBootstrap yang memungkinkan kita menggunakan template dan fungsi-fungsi Bootstrap ke dalam Yii. Contoh extensions yang lain adalah Composite Unique Validator yang memudahkan kita melakukan validasi pada lebih dari satu primary key.

Selain dua contoh di atas, ada banyak sekali extensions yang bisa kita gunakan untuk membantu kita membuat aplikasi web dengan lebih mudah.

Alasan ketiga, keempat, dan seterusnya adalah karena adanya theme yang bisa kita gunakan, dokumentasi yang bagus, support dari forum yang besar, dan masih banyak lagi.

Berhubung saya seringkali membuat aplikasi web dengan Yii, ada yang kurang rasanya ketika sesuatu hal yang saya pelajari hanya saya sendiri yang merasakan manfaatnya. Oleh karena itu saya menuliskan banyak hal yang saya pelajari di Yii Framework ini ke dalam tutorial Yii Bahasa Indonesia ini.

tutorial yii php framework bahasa indonesia
Logo Yii

Mungkin bagi sebagian orang yang baru mengenal Yii PHP Framework akan sulit memahami deretan tutorial di bawah ini, harap maklum ya, karena saya menulis ini tujuan utamanya adalah sebagai catatan pribadi supaya tidak lupa. Yah, Semoga saja saya bisa meluangkan waktu untuk menulis tutorial seperti halnya tutorial CodeIgniter.

Nah, tanpa berpanjang kata lagi, berikut ini adalah kumpulan tutorial Yii Bahasa Indonesia yang saya tulis:

Tutorial ini tentunya akan terus berlanjut selama saya masih menggunakan Yii.

Sekian tutorial Yii Bahasa Indonesia, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *