Message Whatsapp Sering Telat Masuk, Flash Ulang Xperia U Lagi

Posted in Android, My Life, Tuesday, February 4th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Sepertinya OS yang paling stabil untuk Xperia U ini adalah GingerBread. Ga terlalu butuh RAM besar seperti Ice Cream Sandwich, dan pastinya lebih jarang ngelag atau ngehang dibandingkan ketika menggunakan versi ICS.

Kalimat di atas, asumsinya kalau menggunakan official release lho ya… Kalau pake custom ROM ya jujur saya sendiri ga pernah make, jadi tidak tahu apakah stabil atau tidak. Yang jelas, custom ROM untuk Xperia U ini telah banyak, dari ICS, sampai Jelly Bean pun ada.

Message Whatsapp Sering Telat Masuk, Flash Ulang Xperia U Lagi

Postingan kali ini mungkin sejenis curhat kali ya hahaha. Ga juga, selain itu kan juga ada informasi yang mungkin bisa Anda ambil hikmahnya.

Singkat cerita kemarin saya masih menggunakan ICS. dan kala itu saya sering berkomunikasi menggunakan WhatsApp karena urusan project. Ya, bisa dibilang message dari WhatsApp itu tidak datang sekali dua kali, namun bisa berkali-kali entah itu pagi, malam, siang, atau sore.

Permasalahannya, message yang masuk seringkali terlambat, dan bukan hanya itu. Kadangkala message baru masuk kalau smartphone sudah di restart. Biasanya, setiap pagi saya selalu merestart Xperia U, dan setelah direstart, waladalah! puluhan message baru masuk hehe 😀

Telatnya message yang masuk saya pikir bukan karena sinyal, mungkin karena saya sering browsing, ngeblog, dan melakukan banyak hal dari Xperia U yang saya miliki. Jadi mungkin devicenya kehabisan RAM. Dan akibatnya ketika ada message masuk dari WhatsApp tidak ada RAM yang cukup untuk memprosesnya.

Flash Ulang Xperia U ke GingerBread

Di postingan terdahulu mungkin saya pernah menulis tentang cara update Xperia U ke ICS, bahkan cara downgrade Xperia U pun saya juga pernah tulis. Ya, saya bersyukur pernah menulis tutorial tersebut, karena akhirnya saya downgrade lagi ke GingerBread, tentunya dengan menggunakan tutorial yang saya tulis sendiri waktu itu.

Hehe… sejak balik ke GingerBread Alhamdulillah intensitas Xperia U ngehang atau ngelag semakin berkurang. Kini saya bisa membuka lebih banyak aplikasi dan tentunya message WhatsApp lebih jarang telat masuk.

flash ulang xperia u

Xperia U

Kenapa ga pake cutom ROM?

Bagi teman-teman yang sering utak atik Xperia U nya, mungkin kepikiran: pake custom ROm aja gan. Ya, saya sendiri ingin sebenarnya coba-coba custom ROM, ophrek Android, dan sebagainya. Masalahnya ya ga ada waktu buat itu. Takutnya pas saya flashing, ada message penting yang masuk. Lha kan gawat gan 😀

Sekian pengalaman pribadi saya tentang flash ulang Xperia U lagi. Semoga dapat diambil hikmahnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *