Cara Melakukan Downgrade Sony Xperia U ke GingerBread

Posted in Android, Saturday, February 9th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Mengalami Android yang sering ngehang atau aplikasi yang sering force close adalah sesuatu yang menjengkelkan.

Penyebabnya bisa macam-macam, salah satunya mungkin karena RAM anda pas-pasan untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan. Selain itu ada juga kemungkinan smartphone anda terlalu dipaksakan untuk menggunakan OS versi terbaru.

Daripada merasa kesal tiap kali mengalami hang, lebih baik downgrade saja Android ICS ke versi yang lebih lama, Gingerbread. Meskipun bukan versi terbaru, GB sangat layak digunakan karena stabil dan ringan sehingga tidak membutuhkan banyak RAM seperti ICS.

Bagi anda yang ingin melakukan downgrade Android yaitu mengembalikan versi Android ke versi yang lebih lama misalnya dari ICS ke GB anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Downgrade Sony Xperia

Berikut ini adalah cara downgrade Sony Xperia U, untuk pengguna Xperia yang lain, kemungkinan tidak berbeda jauh. Saya tidak menyediakan link download, anda dapat mencarinya di internet. Ada dua file yang harus anda cari  yaitu Flashtool dan file OS Gingerbread itu sendiri.

Catatan: Saya berhasil melakukan flashing dengan mengikuti langkah-sebagai berikut, silakan mencoba, tapi resiko ditanggung sendiri.

Persiapkan Tool Flashing

Untuk melakukan downgrade anda harus memiliki software yang bernama Flashtool. Flashtool ini digunakan untuk melakukan flashing terhadap OS Android anda. Flashtool dapat di download di sini.

Setelah install Flashtool, anda harus menginstall driver Xperia di komputer anda, jalankan flashtool-driver yang terletak di C:/Flashtool/Drivers/flashtool-driver.exe

Centang saja semuanya dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

downgrade sony xperia

Flashtool

Melakukan Flashing

Untuk melakukan flashing anda harus mempunyai file OS Gingerbread versi terbaru misalnya ST25i_6.0.B.3.184_Generic_World.ftf untuk Sony Xperia U.

Langkah-langkah:

  1. Copy dulu Firmware (FTF) ke folder Flashtool -> firmwares.
  2. Buka Flashtool > Klik Flash (gambar petir ) -> Pilih Flash Mode -> Pilih Firmware ST25i yang akan di install.
  3. Tunggu beberapa saat untuk proses flashing, nanti akan keluar perintah untuk  mematikan ponsel.
  4. Colokan Kabel USB ke ponsel sambil terus menahan tombol Volume bawah sampai lampu indikator menyala, kemudian lepas.
  5. Tunggu proses flashing dan selesai.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Xperia Kumquat Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>