Plugin WordPress SEO Yoast Tidak Bisa Check Page Analysis

Posted in Wordpress, Friday, February 28th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Salah satu plugin SEO WordPress yang sering digunakan adalah WordPress SEO by Yoast. Dengan plugin tersebut kita bisa mengecek atau menganalisis SEO dalam postingan yang kita buat. Ketika SEO nya sudah oke, maka plugin tersebut akan memunculkan tanda atau icon berwarna hijau yang artinya SEO dalam postingan tersebut sudah bagus.

Beberapa saat yang lalu, ketika saya ngepost artikel, saya heran kenapa icon yang harusnya berwarna hijau malah tidak berwarna alias buram. Pasti terjadi suatu masalah dengan plugin tersebut. Setelah saya cek ternyata benar memang ada masalah dengan DOM di hosting yang saya gunakan.

WordPress SEO Yoast Tidak Bisa Check Page Analysis

Pada bagian bawah postingan biasanya ada tab “Page Analysis” yang ketika dibuka akan muncul error sebagai berikut:

Your hosting environment does not support PHP’s <a href=”http://php.net/manual/en/book.dom.php”>Document Object Model</a>. To enjoy all the benefits of the page analysis feature, you’ll need to (get your host to) install it.

Berikut ini adalah screenshot dari error di atas:

plugin wordpress seo yoast tidak bisa check page analysis

WordPress SEO Error

Lain cerita, saat ini menggunakan hosting server US, dan tidak mengalami permasalahan ini ketika menggunakan server hosting Indonesia. Hmm.. Akhirnya saya bertanya pada penyedia hosting, dan ternyata solusi untuk masalah PHP tidak support DOM ini sangat simple:

Yang harus kita lakukan adalah membuka CPanel, kita dan masuk pada pengaturan PHP (Select PHP Version), di sana nantinya akan ada pengaturan untuk module PHP yang aktif. Kita harus memberikan checklist pada DOM kemudian tekan save. Dengan ini permasalahan WordPress SEO Yoast tidak bisa check page analysis menjadi terselesaikan.

Jika Anda bingung, perhatikan gambar di bawah ini, berikan checklist dan save di DOM:

Your hosting environment does not support PHP, Document Object Model

Aktifkan DOM di CPanel

Oh iya, mungkin saja pengaturan seperti di atas tidak tersedia di hosting yang lain. Jika memang tidak tersedia, maka Anda harus mengontak penyedia hosting Anda.

Sekian tutorial Plugin WordPress SEO Yoast Tidak Bisa Check Page Analysis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *