Cara Mengetahui Artikel yang Kita Tulis Terindex Google atau Tidak

Pentingkah kita tahu artikel yang kita tulis terindex google atau tidak? Yup, tentu saja penting donk. jangan sampe kita capek-capek nulis ternyata tidak menghasilkan apapun.

Yang perlu diingat, artikel kita harus diindex oleh Google, sehingga orang yang mencari informasi berkaitan yang kita tulis dapat menemukan artikel kita di internet. Oleh karenanya penting bagi kita untuk mengecek apakah artikel kita terindex atau tidak.

Cara Mengetahui Artikel yang Kita Tulis Terindex Google atau Tidak

Untuk blog yang isinya cenderung beragam dan tidak fokus, setiap kali posting artikel tidak akan langsung diindex oleh Google. Google perlu waktu untuk dapat menemukan artikel baru dari website atau blog kita. Berbeda halnya dengan website-website berita atau web yang sering sekali diupdate. Google pasti akan lebih cepat mengindex mereka.

Lalu bagaimana cara mengetahui blog kita terindex atau tidak? Cara yang biasa digunakan untuk mengecek adalah dengan mengetikkan kata kunci site:[alamat website]

Ketika artikel yang kita tulis sudah diindex pasti hasil pencarian akan menampilkan website Anda. Kata kunci di atas bukan hanya dapat digunakan untuk alamat domain saja, melainkan juga bisa untuk URL per artikel yang anda miliki. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

cara mengetahui artikel yang kita tulis terindex google atau tidak
site:azuharu.net

Kata kunci yang pertama adalah site:azuharu.net, akan menampilkan seberapa banyak url yang telah diindex Google. Di hasil pencarian akan muncul halaman apa saja di website anda yang sudah diindex. Anda boleh menggunakan http:// atau tidak menggunakannya.

Kata kunci yang kedua adalah site:http://azuharu.net/wordpress/plugin-wordpress-seo-yoast-tidak-bisa-check-page-analysis/

Hasil pencariannya akan menunjukkan apalkah URL tersebut sudah diindex atau belum. Berikut ini adalah gambar ketika URL artikel sudah diindex.

cara mengecek apakah artikel sudah diindex Google
Cek index satu artikel

Untuk kata kunci yang kedua, karena ditujukan untuk satu url saja maka dalam hasil pencarian hanya akan menampilkan satu hasil saja jika. URL tersebut sudah diindex. Sebaiknya, jika URL tersebut belum diindex, maka hasil pencarian tidak akan apapun.
Bagaimana? sudah jelas dengan penjelasan yang saya tulis di atas?

Kalau belum, Anda bisa menanyakannya pada kotak komentar. Oh iya, pastinya ada cara cara tertentu donk supaya website atau artikel yang kita tulis cepat diindex. Anda dapat membacanya di postingan saya yang lalu: Cara agar blog cepat diindex Google.

Sekian tulisan saya mengenai cara mengetahui apakah artikel sudah diindex google atau belum. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *