Cara Mengcopy File ISO ke CD Menggunakan Power ISO

Posted in Linux, Windows, Monday, December 9th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Kemarin saya telah menulis tentang bagaimana cara membuat installer Linux dengan menggunakan flashdisk. Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki flashdisk? Berarti kita harus mencari alternatif lain untuk menginstall Linux, yaitu dengan menggunakan CD. Jika Anda belum mengetahui cara membuat installer melalui flashdisk, artikel sebelumnya dapat dibaca di sini.

Sebagaimana yang kita ketahui, jika kita mendownload sistem operasi Linux, atau yang lain, maka file instalasi yang kita unduh adalah file berbentuk ISO. File ISO tersebut harus kita burn atau copy ke CD agar kita dapat menggunakannya untuk menginstall Linux.

Cara Mengcopy File ISO ke CD Menggunakan Power ISO

Biasanya seseorang akan kebingungan ketika harus mengcopy file ISO ke dalam CD karena tidak tahu software apa yang dapat digunakan. Salah satu software di Windows yang dapat kita gunakan untuk mengcopy file ISO ke CD adalah Power ISO.

Selain burning ke CD/DVD, Power ISO juga dapat digunakan untuk membuka (mounting) file ISO. Power ISO ini dapat digunakan dengan gratis dan dapat diunduh di http://www.poweriso.com/

Untuk mengcopy file ISO menggunakan Power ISO, pastikan Anda telah menginstall Power ISO, mempunyai sebuah CD kosong dan file ISO yang akan dicopy. Setelah itu Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masukkan CD kosong ke CD/DVD-ROM Anda.
  2. Buka Power ISO, Jika ada kotak yang muncul, pilih Unregistered (kecuali kalau Anda ingin membeli software tersebut).
  3. Klik Tools >> Burn.
  4. Pilih radio button yang Image File, dan klik tombol “…” kemudian cari dan pilih file ISO yang akan di copy atau di burn ke dalam CD.
  5. Pilih drive dari CD/DVD-ROM yang digunakan, kemudian klik Burn.
cara mengcopy file iso ke cd menggunakan power iso

Proses burning ke CD

Tunggu sampai proses tersebut selesai. Jika sudah 100% selesai maka secara otomatis CD/DVD-ROM akan mengeluarkan CD berisi file dari ISO yang dicopy tadi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *