Membuat Installer Linux di Windows dengan Universal USB Installer

Sudah lama rasanya saya tidak posting artikel yang berkaitan dengan Linux. Berhubung hari ini, saya berniat mencoba menggunakan distro Elementary OS. Jadi saya akan posting mengenai bagaimana cara membuat installer linux di Windows dengan Universal USB installer. Agak ga nyambung ya? Hehe kan untuk menginstall Linux, pertama kita harus menyediakan installernya dulu. Jadi ya post ini isinya tentang bikin installer Linux di Windows pakai flashdisk . Software yang dipakai adalah Universal USB Installer versi 1.9.5.1

Software Universal USB Installer yang saya sebut di atas adalah software yang berguna untuk membuat installer Linux di dalam flashdisk. Jadi kita tidak perlu beli CD atau DVD untuk install. Cukup gunakan flashdisk saja.

Membuat Installer Linux di Windows dengan Universal USB Installer

Untuk membuat installer, pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload software tersebut di sini.

Setelah itu, buka programnya, klik Next, dan pilih distro Linux yang akan di install. Setelah memilih distro, kita diharuskan memasukkan file image atau iso dari distro yang kita pilih tadi. Jangan lupa tentukan drive USB yang akan digunakan. Kita juga bisa mengeset seberapa besar size flashdisk yang akan dibuat persistence.

membuat installer linux di windows dengan universal usb installer
Universal USB Installer 1.9.5.1

Setelah kita klik next, akan muncul peringatan bahwa Universal USB Installer akan melakukan beberapa aksi. Klik Yes saja. Berikut ini adalah tampilan ketika proses copy image ke dalam flashdisk.

membuat installer linux di windows dengan universal usb installer
Prosess pembuatan installer

Setelah proses selesai silakan klik Close, kemudian restart Windows Anda. Ketika booting, pilihlah booting melalui USB. Selamat menginstall. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *