Menghilangkan Warna Kuning di Belakang Adsense

Seorang publisher Google Adsense tentunya sangat memperhatikan tema atau theme dari website yang Anda miliki.

Salah satu point penting dalam merancang iklan adalah dengan memperhatikan bentuk atau size dari iklan yang Anda pasang. Bentuk dan size yang berbeda akan menghasilkan earning yang berbeda pula. Hal ini tentu saja tergantung dari bagaimana layout dan theme dari website yang Anda miliki.

Salah satu pengalaman yang pernah saya alami adalah ketika saya memasang ads dengan ukuran 336×280. Tidak selamanya iklan yang muncul dengan size tersebut adalah 336×280. Adakalanya ads yang muncul memiliki ukuran lebih kecil.

Anehnya adalah, di belakang ads tersebut terdapat warna background kuning, padahal di dalam ads itu sendiri tidak diatur warna background semacam itu.

Menghilangkan Warna Kuning di Belakang Adsense

Post berikut ini membahas tentang cara untuk menghilangkan warna kuning di belakang adsense Google. Warna kuning tersebut muncul pada theme WordPress yang digunakan.

Seperti yang saya jelaskan di awal, iklan yang saya pasang ternyata memiliki background warna kuning yang menyebabkan iklan menjadi tidak menarik dipandang. Jika dibiarkan, tentu saja akan mempengaruhi earning dari Google Adsense.

Setelah saya telusuri lebih lanjut, saya mencoba menggunakan fitur Inspect Element dari Google Chrome dan mencari penyebab munculnya warna kuning tersebut. Di dalam inspect element, ternyata terdapat tag div dengan id=hybrid_div yang ketika saya coba berikan background:white ternyata background yang tadinya kuning telah menjadi putih.

Masalahnya, ketika saya cari id hybrid_div tersebut di dalam file style.css website, tidak terdapat id dengan nama hybrid_div. Artinya, sumber permasalahan bukanlah pada tag div tersebut.

Kemudian saya mencoba menelusuri tag di sekitar div tersebut.  Akhirnya saya menemukan terdapat tag <ins> yang ketika saya periksa di dalam file style.css website memiliki warna fff9c0, atau kuning seperti yang muncul di background Google Adsense.

Setelah saya berikan kode tambahan untuk mengubah warna fff9c0 menjadi warna putih atau ffffff, akhirnya warna kuning di belakang ads hilang. Berikut ini adalah css yang saya berikan melalui Dashboard > Appearance > Edit CSS:

ins {
	background: #ffffff;
	text-decoration: none;
}

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah untuk mencari kata fff9c0 di dalam file css Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur Ctrl+F untuk memudahkan pencarian dan selanjutnya tambahkan potongan kode css di atas ke melalui Dashboard > Appearance > Edit CSS.

Semoga bermanfaat.

 

1 thought on “Menghilangkan Warna Kuning di Belakang Adsense”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *