Mengenal Hummingbird, Algoritma Baru Google

Algoritma Hummingbird – Google memiliki algoritma pencarian tertentu untuk memastikan bahwa halaman yang tampil pada halaman pencarian adalah halaman yang benar-benar diinginkan oleh pengguna. Algoritma pencarian tersebut secara berkala selalu diupdate.

loading...

Pada ulang tahunnya yang ke 15, Google mengumumkan algoritma baru yang diberi nama Hummingbird. Algoritma ini di desain untuk lebih presisi dan dapat memberikan hasil pencarian yang lebih cepat.

Hummingbird Algoritma Baru Google

Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan masalah tertentu. Algoritma dapat disebut juga sebagai alur berpikir untuk mencapai tujuan tertentu.

Apakah Hummingbird Itu?

Hummingbird adalah nama algoritma pencarian yang baru saja diterapkan oleh Google. Kata Hummingbird diambil dari nama burung yang dalam bahasa Indonesia berarti burung kolibri. Makna dari kata Hummingbird itu sendiri adalah cepat dan presisi yang berarti algoritma baru tersebut memiliki presisi yang lebih baik dalam menampilkan hasil pencarian.

Danny Sullivan sebagai Search Engine Land menyebutkan bahwa algoritma baru tersebut lebih berfokus pada masing-masing kata di dalam query. Algoritma tersebut akan memastikan keseluruhan kata dalam query berikut dengan maknanya, bukan hanya melakukan pencarian dari kata kunci secara umum saja. Tujuan dari algoritma ini adalah agar halaman yang keluar dalam pencarian semakin baik dan cocok dengan keinginan pengguna.

Pengaruh Hummingbird terhadap Panda dan Penguin

Panda dan Penguin adalah algoritma pencarian Google yang sebelumnya telah diterapkan. Pertanyaannya adalah apakah Hummingbird ini akan mempengaruhi Panda dan Penguin?

Mirip seperti algoritma-algoritma Google yang pernah ada sebelumnya, Hummingbird adalah algoritma baru sebagai update dari algoritma-algoritma sebelumnya. Kita dapat mengibaratkan algoritma tersebut seperti mesin yang selalu diimprove performa dan kualitasnya. Hummingbird, juga menggunakan beberapa bagian algoritma-algoritma sebelumnya.

hummingbird algoritma baru google
Hummingbird Algoritma Baru Google

Pengaruh Hummingbird terhadap SEO

Banyak orang berpendapat bahwa dengan semakin berkembangnya algoritma Google, maka SEO tidak akan berlaku lagi. Pada kenyataannya, Google mengatakan bahwa tidak ada hal baru dari SEO yang perlu dikhawatirkan oleh pemilik website atau publisher. Selama konten kita adalah konten yang original dan berkualitas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ingatlah bahwa algoritma Hummingbird ini memiliki hasil pencarian yang semakin baik.

Haruskah khawatir terdahap traffic website kita?

Penurunan traffic adalah hal yang paling dikhawatirkan dengan adanya algoritma baru ini. Bisa saja  traffic sebuah website menurun karena algoritma ini. Namun, hal itu kembali lagi kepada kualitas dari website dan konten yang kita miliki. Jika publisher selalu mengutamakan konten maka tidak ada yang perlu di khawatirkan.

Sekian post mengenai Hummingbird algoritma baru Google, semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.

loading...

Leave a Comment