Membuat Tombol Back to Top Menggunakan Plugin Wordpress

Tombol back to top yang secara otomatis akan mengembalikan posisi scroll ke bagian atas halaman adalah salah satu cara untuk memudahkan pengunjung dalam membaca website kita.

Tombol tersebut akan sangat berguna jika dalam sebuah artikel terdapat paragraf atau isi yang sangat banyak (page yang sangat panjang) sehingga menyebabkan tidak nyaman ketika harus di scroll ke atas secara manual dengan menggunakan mouse.

Tutorial WordPress berikut ini akan memberikan beberapa referensi plugin yang berguna untuk menambahkan tombol back to top. Plugin tersebut semuanya telah tersedia di wordpress.org.

Selain tutorial ini, terdapat kumpulan tutorial wordpress yang dapat Anda baca di Cara Membuat Website WordPress.

Membuat Tombol Back to Top Menggunakan Plugin WordPress

Pada website ini, terdapat contoh penggunaan tombol back to top yang dapat Anda lihat pada bagian kanan website. Jika Anda scroll halaman ke bawah, secara otomatis akan muncul tombol yang berupa anak panah mengarah ke atas. Cobalah untuk menekan tombol tersebut, maka secara otomatis halaman akan bergeser ke atas dengan animasi yang cukup mengesankan.

Untuk membuat tombol seperti itu sangat mudah, ada beberapa plugin yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa plugin yang dapat diunduh dari wordpress.org untuk membuat tombol back to top.

  1. Simple Scroll To Top
  2. Smooth Page Scroll To Top
  3. Dynamic To Top
  4. Back To Top
  5. Ultimate Back To Top
  6. Cudazi Scroll To Top

Dari kelima plugin di atas Dynamic To Top dan Smooth Page Scroll To Top adalah plugin yang pernah saya gunakan. Smooth Page Scroll To Top tidak membutuhkan konfigurasi apapun. Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin, secara otomatis plugin sudah muncul.

membuat tombol back to top menggunakan plugin wordpress
Penggunaan Simple Scroll To Top

Selain lima plugin di atas, masih banyak plugin lain yang dapat Anda gunakan,  silakan kunjungi wordpress.org untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *