Memahami Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Search engine merupakan sumber utama pengunjung dari sebuah website. Setiap kali seseorang memasukkan keyword ke dalam search engine, maka akan muncul sederetan website yang relevan dengan keyword yang dimasukkan sebelumnya. Website yang terletak di posisi paling atas dari hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.

loading...

Lalu bagaimana caranya supaya website dapat menempati posisi paling atas pada hasil pencarian? SEO adalah jawabannya. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Optimisasi Mesin Pencari. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian SEO dan seberapa penting SEO bagi website.

Pengertian SEO

SEO adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan traffic suatu website melalui hasil pencarian yang natural dari search engine. Tujuan dilakukannya SEO ini adalah untuk menempatkan suatu website pada urutan pertama dari hasil penelusuran melalui search engine.

Ketika berbicara tentang “urutan pertama dari hasil penelusuran”, hal pertama yang terpikir adalah tentang ranking kita dalam search engine. Google memiliki istilah page rank untuk meranking website yang telah terindex di dalam search enginenya. Pada artikel yang saya tulis sebelumnya, mengenai cara agar blog cepat diindex Google, salah satu point penting dari artikel tersebut bahwa dengan memperbanyak link yang berkorespondensi antar artikel akan mempercepat proses indexing search engine. Selain itu, pada artikel tersebut juga dijelaskan bahwa melakukan tukar link ke blog lain juga akan mempercepat proses indexing Google.

Kedua hal tersebut memiliki kaitan erat dengan SEO. Link adalah salah satu komponen penting untuk melakukan SEO. Jadi, sebenarnya banyak para blogger yang secara tidak langsung telah menerapkan SEO pada blognya yaitu dengan melakukan tukar link dan saling berkomentar pada blog-blog lain. Tapi apakah SEO hanya berkutat pada link saja? Jawabannya tidak!

Menurut Matt Cutts (kepala tim Webspam Google), SEO seharusnya tidak hanya berfokus pada membangun link untuk meningkatkan ranking. SEO adalah sesuatu yang lebih besar dari pada itu. SEO adalah proses untuk mengefisiensikan segala sesuatu yang Anda lakukan secara online. SEO membutuhkan seseorang untuk memiliki kemampuan untuk benar-benar melihat gambaran yang lebih besar. Hanya mengatakan bahwa saya ingin menjadi #1 di Google adalah pernyataan bodoh. SEO beragam dan kuat memberikan lalu lintas dari berbagai arah.

Inti dari penjelasan Matt Cutts adalah bahwa ketika kita membuat sebuah website dan konten-konten di dalamnya, selalu lakukan hal itu dengan efisien.

pengertian seoMengapa SEO begitu penting?

Untuk memahami pentingnya SEO, coba Anda bayangkan bahwa Anda memiliki sebuah toko online yang menjual produk tertentu. Secara logika, jika seseorang ingin membeli barang secara online maka ia akan mencari melalui search engine (misalnya Google).

Suatu ketika ada orang mencari barang yang kebetulan Anda menjualnya. Jika toko online Anda tidak terlihat pada halaman awal hasil pencarian Google, mana mungkin barang jualan Anda akan laku? Nah, dari gambaran tersebut Anda sudah mengerti kan tentang pentingnya SEO bagi sebuah website?

Sekian artikel mengenai pengertian SEO, semoga bermanfaat.

loading...

1 thought on “Memahami Pengertian SEO (Search Engine Optimization)”

Leave a Comment