Cara Mengatasi Briefly unavailable for scheduled maintenance Wordpress

Beberapa hari yang lalu saya membuat website WordPress baru, self hosting. Ketika install Jectpack, terjadi masalah yaitu Jetpack tidak bisa disambungkan dengan WordPress.com. Masalah lainnya adalah ketika melakukan update plugin, termasuk Jetpack juga, website mengalami Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Kenapa hal itu terjadi? Hal ini karena ketika mengupdate plugin, WordPress akan mengubah status website untuk sementara menjadi maintenance. Nah kalau pas maintenance, proses  update pluginnya gagal akan menyebabkan website tidak bisa diakses karena masih dalam kondisi maintenance.

Cara Mengatasi Briefly unavailable for scheduled maintenance WordPress

Tentunya kita tidak mau kan website kita tidak dapat diakses. Maka dari itu kita harus segera mengembalikannya ke kondisi normal.

Cara mengatasi permasalahan tersebut cukup mudah. Kita tinggal merename, atau menghapus file .maintenance yang berada di server hosting.

Untuk melakukannya kita bisa login ke CPanel, masuk ke file manager dan menghapus file tersebut. Selain itu kita juga bisa menggunakan FTP Manager misalnya FileZilla. Setelah menghapus file tersebut website kita akan normal kembali.

briefly unavailable for scheduled maintenance
Delete file .maintenance

Bagi Anda yang kesulitan mencari lokasi file tersebut, File tersebut berada di root instalasi WordPress kita. Biasanya berada di dalam folder public_html.

Seperti yang saya sebutkan di awal, ada masalah lain yang saya alami, yaitu plugin Jetpack yang tidak mau terhubung ke WordPress. Simak pembahasannya di tutorial selanjutnya.

Sekian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *