Cara Install Wordpress di Hosting IdHostinger

Melanjutkan artikel mengenai membuat website wordpress, pada tutorial ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai cara install WordPress di hosting.

Di sini saya menggunakan hosting gratis di Idhostinger. Tutorial tentang cara membuat subdomain dan akun hosting di IdHostinger dapat anda baca di cara hosting web di Idhostinger.

Oke, lanjut ke topik utama, untuk mengikuti tutorial pada artikel ini, anda sudah harus memiliki akun hosting yang siap pakai. Jika belum, anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Cara Install WordPress di Hosting IdHostinger

Setelah requirement di atas terpenuhi, Anda harus login ke dalam akun yang anda miliki, yaitu melalui link http://cpanel.idhostinger.com/ Berikut ini adalah tampilan form login CPanel dari IdHostinger.

cara install wordpress di hosting
Form Login CPanel IdHostinger

Setelah memasuki halaman CPanel, Anda dapat memilih bahasa yang ingin digunakan, yaitu English dan Bahasa Indonesia. Di sini saya menggunakan Bahasa Indonesia karena sebagian besar dari pembaca adalah orang Indonesia.

Pada bagian Website, carilah Icon Penginstall Otomatis (dalam Bahasa Inggris berarti Auto Installer), klik icon tersebut sehingga Anda akan memasuki. Halaman auto installer. Berikut ini adalah gambar dimana icon auto installer berada.

cara install wordpress di hosting
CPanel Website IdHostinger

Dengan menggunakan auto installer ini, kita dapat menginstall berbagai macam CMS dengan mudah, termasuk di antaranya adalah WordPress. Untuk menginstall WordPress, silakan klik pada icon WordPress. Berikut ini adalah gambarnya.

tutorial install wordpress
Auto Installer WordPress

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan informasi seperti username dan password untuk login WordPress Anda. Silakan masukkan informasi tersebut. Pada bagian “Install ke” dikosongkan saja jika website yang akan anda buat ingin berada di root direktori (tidak membuat folder tertentu).

cara install wordpress di hosting
Install WordPress Auto Installer

Setelah Anda mengeklik tombol Instal WordPress, maka proses Instalasi akan dijalankan. Jika proses berhasil akan muncul informasi login pada halaman auto installer. Berikut ini adalah gambar ketika proses install WordPress di hosting berhasil (dengan beberapa informasi di hilangkan).

cara install wordpress di hosting
Install WordPress di Hosting Berhasil

Setelah itu Anda dapat mengetes instalasi dengan memasuki halaman website Anda, yaitu dengan pada alamat: http://subdomainanda/wp-admin/

cara install wordpress di hosting
Halaman Login WordPress

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *