Cara Melihat Password yang Tersimpan pada Browser Opera

Opera adalah salah satu dari sekian banyak browser yang dapat kita gunakan untuk berselancar di internet. Opera seringkali digunakan sebagai browser untuk ponsel atau smartphone. Memang, browser yang satu ini jauh lebih terkenal di dunia ponsel ketimbang di desktop.

Ketika kita login ke suatu situs, browser pasti akan menanyakan apakah hendak menyimpan username dan password atau tidak. Jika kita pilih menyimpan, maka browser akan menyimpan password kita tadi sehingga kita tidak perlu mengisi ulang username dan password lagi ketika hendak login.

Seperti halnya browser yang lain, begitu juga Opera, browser ini juga dapat menyimpan password kita.

Cara Melihat Password yang Tersimpan pada Browser Opera

Untuk melihat password yang tersimpan pada browser Opera, pertama-tama klik pada menu “Opera” pojok kiri atas, lalu pilih Settings, maka akan muncul sebuah tab baru.

Di dalam tab tersebut, pada bagian sidebar kiri, klik pada Privacy & Security, dan untuk melihat password yang tersimpan klik pada button Manage saved password. Jika kita klik salah satu baris maka akan ada pilihan “show” dimana kita dapat melihat password yang tersimpan.

cara melihat password yang tersimpan pada browser opera
Daftar password yang tersimpan di Opera

Wow, tentunya ini menjadi berbahaya bukan? bisa saja ketika kita meninggalkan laptop dalam keadaan nyala dan tidak di lock, ada seseorang yang membuka browser kita lalu melihat password yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati, biasakan mengunci laptop jika kita tinggalkan.

 

Sekian post tentang cara melihat password yang tersimpan pada browser Opera, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *