Tutorial Google Analytics API Menggunakan PHP

Google Analytics adalah salah satu layanan gratis dari Google berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan demografi, browser, negara, dan lain sebagainya.

Google Analytics dapat diintegrasikan dengan Google Adsense dan Google Adwords sehingga anda dapat memantau iklan yang anda pasang di situs dan keyword apa saja yang efektif dipasang di website anda.

Biasanya Google Analytics digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap traffic sebuah website.

Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/

Tutorial Google  Analytics API

Google Analytics menyediakan API yang dapat digunakan oleh developer. API ini digunakan untuk mendevelop aplikasi di berbagai platform, misalnya android atau web. Dengan menggunakan API tersebut developer aplikasi dapat membuat report tentang website tertentu di dalam aplikasi yang dibuatnya.

Halaman ini membahas cara menggunakan Google Analytics API

tutorial google analytics api

Google Analytics

Tutorial Google Analytics API Menggunakan GAPI

GAPI atau yang merupakan singkatan dari Google Analytics PHP5 Interface merupakan salah satu project  yang memudahkan kita untuk  menggunakan API Google Analytics di PHP. Sewaktu mengerjakan project yang berkaitan tentang Google Analytics ini, terus terang saya mengalami kesulitan karena minimnya dokumentasi dan tutorial yang membahasnya.

Oleh karena itu, ini adalah hasil bertapa saya dengan Google Analytics. Berikut ini adalah kumpulan tutorial menggunakan GAPI:

  1. Sekilas Tentang GAPI
  2. Menampilkan Data Pengunjung
  3. Menentukan id Profile Google Analytics
  4. GAPI Error No Valid Root Parameter
  5. Menggunakan Filter Berdasarkan Browser
  6. Menggunakan Filter Berdasarkan URI/Path
  7. Integrasi GAPI dengan Highcharts

Sekian tutorial Google Analytics API ini, meskipun sedikit semoga bermanfaat.