Pengertian CEO, CFO, COO, dan CTO dalam Perusahaan

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti event Startup Springboard World Tour. Disana saya belajar banyak mengenai bagaimana cara membuat startup. Dimulai dari ide yang sederhana sampai bagaimana membuatnya jadi nyata. Yang menarik dari acara ini adalah sebagian besar pesertanya adalah orang korea, sehingga di event itu peserta menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa Inggris, Korea, dan sangat sedikit bahasa Indonesia.

Singkat cerita, setelah event itu ada seseorang yang menghubungi saya. Ia menawarkan saya posisi sebagai CTO di startup yang akan dibangunnya. Berhubung saat itu saya lagi agak sibuk, maka dengan terpaksa saya menolak tawaran tersebut.

Terlepas dari event tersebut, saya jadi penasaran dengan beberapa istilah seperti CEO dan CTO. Kalau CEO memang saya sering dengar sehingga sudah tidak asing lagi, tetapi untuk CTO… yap! setelah saya Googling di Google inilah hasilnya.

Pengertian CEO, CFO, COO, dan CTO Dalam Perusahaan

Chief Executive Officer

CEO atau yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer adalah senior manager yang bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh aktivitas dan perusahaan. CEO biasanya juga termasuk di jajaran direksi dalam suatu perusahaan, dan bahkan memegang title sebagai seorang kepala perusahaan.

Chief Financial Officer

CFO atau Chief Financial Officer adalah senior manager yang bertanggung jawab untuk mengawasi aktivitas finansial dalam suatu perusahaan. CFO ini mirip seperti bendahara, bertugas merencanakan keuangan, memonitoring kas perusahaan, dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Chief Operating Officer

COO  atau Chief Operating Officer adalah senior manager yang bertanggung jawab mengelola kegiatan sehari-hari perusahaan dan melaporkannya kepada Chief Executive Officer (CEO). Posisi COO ini sangat penting di perusahaan karena ia bertugas untuk memonitor produksi setiap harinya.

Chief Technical Officer

CTO atau yang merupakan singkatan dari Chief Technical Officer adalah seseorang yang berada di posisi eksekutif bisnis, bertanggung jawab untuk mengatasi masalah teknis di suatu perusahaan. CTO ini disebut juga Chief Technology Officer.

Sekian tulisan singkat mengenai Pengertian CEO, CFO, COO, dan CTO dalam perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *