Mengukur Kesuksesan sebuah Proyek Sistem Informasi

Sistem Informasi – Suksesnya pembangunan sistem informasi adalah harapan bagi pemilik sistem, designer sistem, dan developer yang membangun sistem tersebut.

Developer bukanlah satu-satu nya unsur yang menyebabkan sistem tersebut sukses dibuat atau dikembangkan. Peran seluruh pengguna sistem sangat berpengaruh terhadap kesuksesan proyek sistem informasi.

Kesuksesan Proyek Sistem Informasi

Di dalam pembangunan sistem informasi, ada beberapa tolok ukur yang menjadi patokan sebuah kesuksesan pembangunan sistem informasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur kesuksesan di dalam suatu proyek.

Sistem informasi yang dibangun dapat diterima oleh customer.

Sistem informasi dikatakan sukses dibangun apabila subject matter dan customer puas dengan selesainya sistem Informasi tersebut. Jika customer dapat menerima dan menggunakan hasil dari pembangunan sistem informasi, maka pembangunan sistem dapat dikatakan sukses.

mengukur kesuksesan proyek sistem informasi

System User

Selesai tepat waktu

Pembangunan sistem tentu tidak terlepas dari waktu. Ada jangka waktu yang ditentukan sebagai deadline dari pembangunan sistem informasi. Oleh karena itu, hendaknya sistem builder berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan sistem dalam waktu yang telah ditentukan. Jika developer mampu menyelesaikan sistem dalam waktu yang ditentukan tersebut, maka sistem informasi dapat dikatakan sukses.

Budget yang sesuai

Pembangunan sistem informasi tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Namun, perlu diperhatikan bahwa biaya dari sistem yang dibuat tidak boleh melebihi budget yang telah ditentukan. Apabila budget melambung terlalu tinggi maka akan menyebabkan biaya yang dikeluarkan semakin besar sehingga menyulitkan pihak subject matter.

Efek minimal terhadap bisnis yang sedang berjalan

Dalam pembangunan sistem bisa saja berefek terhadap aktivitas dari perusahaan, tetapi efek tersebut harus ditekan seminimal mungkin sehingga tidak mengganggu operasi bisnis dari perusahaan terkait.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *