Mengenal Subversion, Salah Satu Source Code Management Tools

Subversion – Pernahkah anda membangun sebuah project bersama-sama dalam tim? Kalau pernah, bagaimana Anda mengelola code program yang dibuat? Apakah manual ataukah menggunakan tool?

Ketika kita membuat program dalam tim alangkah baiknya kita menggunakan tool tertentu untuk mengelola code program yang sedang dibuat. Salah satu tool yang dapat kita gunakan adalah Subversion. Subversion adalah software yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation, dimana proyek ini memiliki komunitas developer dan user yang sangat banyak.

Mengenal Subversion, Salah Satu Source Code Management Tools

Jika Anda belum mengenal subversion, maka Anda harus membaca deskripsi singkat yang saya tulis berikut ini.

Apa itu Subversion?

Subversion adalah bagian dari Source Code Management (SCM) Tool. Subversion atau sering disingkat svn ini digunakan para developer software untuk membantu pengembangan software dalam tim. Subversion membantu developer melakukan tracking terhadap perubahan yang terjadi dalam software yang sedang dibuat dari waktu ke waktu.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Subversion, Anda dapat membacanya lebih lanjut di http://subversion.apache.org

mengenal subversion
Subversion

Subversion dan Version Control System

Ketika berbicara tentang Subversion, hal ini erat sekali kaitannya dengan Version Control System (VCS). VCS adalah software yang berfungsi untuk membantu para developer software melakukan versioning terhadap software yang sedang dibuat. VCS membantu para developer untuk bekerja bersama-sama dan mencatat segala perubahan (history) dari software yang dibuat tersebut.

Version Control System dibagi menjadi dua, yaitu Centralized version control system (CVCS), dan distributed version control system (DVCS). Subversion sendiri termasuk di dalam VCS yang terpusat (CVCS). Ada beberapa istilah terkait version control yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Repository
  2. Trunk
  3. Tags
  4. Branches
  5. Working Copy
  6. Commit Changes

Penjelasan dari masing-masing point di atas dapat Anda baca pada post berikut: Mengenal Version Control System dalam Pembuatan Software.

Selain Subversion, masih banyak software yang termasuk dalam version control, seperti Mercurial, Git, Bazaar, TFS Version Control, dan lain sebagainya.

Sedangkan panduan instalasi Subversion dapat Anda baca juga di Tutorial install Subversion CentOS.

Sekian penjelasan singkat tentang Subversion, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *