Mudah Membuat Desain User Interface Menggunakan Balsamiq Mockups

User interface atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan antarmuka pengguna adalah salah satu hal penting dalam membangun sebuah software. Software yang baik selalu memiliki user interface yang bukan hanya bagus, tetapi mudah dipahami oleh user.

Salah satu kegiatan yang dilakukan ketika membangun software adalah merancang desain user interface. User interface yang baik adalah yang minim dengan blooper (kesalahan dalam membangun antarmuka software).

Post berikut ini memberikan referensi tool untuk membangun desain user interface yang dapat Anda gunakan.

Cara Membuat Desain User Interface

Membuat user interface adalah hal yang susah-susah gampang. Sebenarnya Anda dapat menggunakan software yang sudah tidak asing seperti Microsoft Word atau bahkan Paint. Tetapi perlu diketahui bahwa terdapat software tertentu yang memang dirancang khusus untuk pembuatan desain user interface sebuah program, salah satunya adalah Balsamiq Mockups.

Merancang Antarmuka dengan Balsamiq Mockups

Balsamiq Mockups adalah salah satu software yang berfokus pada pembuatan desain atau dapat kita sebut sebagai software yang memudahkan kita menggambar sebuah tampilan user interface. Dengan menggunakan Balsamiq Mockups, kita tidak perlu lagi bersusah-susah dalam menggambar komponen user interface karena software tersebut telah menyediakan beragam komponen dari yang sederhana seperti garis sampai yang kompleks seperti tampilan browser.

Balsamiq Mockups cukup mudah untuk digunakan, ditambah lagi software ini berfokus pada konten yang ingin digambar dan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh pengguna. Berikut ini adalah beberapa fitur yang membuat Balsamiq Mockups layak untuk digunakan.

  • Low-Fi Sketch Wireframes: Samar, rendah-fidelity wireframes membiarkan Anda berfokus percakapan desain pada fungsi
  • Komponen UI & Icon: 75 komponen built-in antarmuka pengguna dan 187 ikon, ditambah seluruh banyak komponen yang dihasilkan.
  • Click-Through Prototipe: Menghubungkan memungkinkan Anda menghasilkan klik melalui prototipe untuk demo & pengujian kegunaan
  • Ekspor ke PNG atau PDF: Saham atau hadir maket dengan menggunakan link tertanam ekspor PDF, atau menggunakan alat pihak ke-3 untuk ekspor ke kode.

Balsamiq Mockups adalah software yang berbayar. Meskipun berbayar, software ini menyediakan versi trial yang layak untuk dicoba. Silakan kunjungi website nya di http://balsamiq.com/products/mockups/

Berikut ini adalah beberapa gambar yang menunjukkan komponen user interface pada Balsamiq Mockups diambil dari website tersebut.

cara membuat desain user interface

Komponen Balsamiq Mockups

cara membuat desain user interface menggunakan balsamiq mockups

Komponen Inspectors Balsamiq Mockups

Sekian post mengenai cara membuat desain user interface.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *