Beberapa Prinsip dalam Membangun Sistem Informasi

Sistem Informasi – Di dalam membangun sistem informasi, terdapat prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh agar sistem yang dibangun atau dikembangkan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika sistem builder mengabaikan prinsip tersebut, maka dapat berimbas terhadap kesuksesan pembangunan sistem informasi.

Prinsip tersebut memegang peranan penting akan berhasil atau tidaknya sistem informasi tersebut dibangun.

Beberapa Prinsip dalam Membangun Sistem Informasi

Berikut ini adalah penjabaran secara singkat mengenai beberapa prinsip dalam membangun sistem informasi:

Libatkan user

Sistem informasi yang kita bangun tidak terlepas dari peran user sebagai pengguna dari sistem informasi tersebut. Maka dari itu, user harus kita libatkan di dalam pembangunan sistem agar sesuai dengan kebutuhan mereka dan kebutuhan perusahaan.

Gunakan pendekatan pemecahan masalah

Di dalam membangun sistem, pendekatan yang harus dilakukan adalah pendekatan dalam rangka memecahkan suatu permasalahan di dalam sistem. Misalnya, di suatu perusahaan tertentu tiap bulan selalu mengalami keterlambatan dalam pembagian gaji karyawan. Setelah ditelusuri ternyata penyebab keterlambatan gaji tersebut disebabkan karena proses penghitungan tunjangan dan gaji yang lama.

Jika kita ingin membuat sistem informasi di perusahaan tersebut, tentunya pendekatan yang harus dilakukan adalah untuk memecahkan masalah keterlambatan gaji tersebut.

Teknologi informasi terus berkembang di dunia ini menghubungkan segala bentuk device yang ada di user
Teknologi Informasi

Menetapkan tahapan kegiatan

Agar sistem informasi yang dibangun menjadi lebih terencana, maka perlu dibangun tahapan-tahapan di dalam pembuatan sistem informasi tersebut. Tahapan ini membantu kita untuk memonitor sampai dimana sistem tersebut dibuat.

Dokumen dalam pengembangan sistem

Dokumentasi di dalam pengembangan sistem sangat penting. Dokumen ini harus ada dari awal pembangunan sistem sampai sistem diimplementasikan. Dengan adanya dokumen yang baik, maka akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan maupun maintenance dari sistem yang sudah ada.

Menetapkan standard

Standar di dalam pembangunan sistem informasi juga tidak kalah penting. Dengan adanya standardisasi di dalam proses pembangunan sistem tersebut maka dapat meningkatkan kualitas dari sistem informasi yang dibuat.

Mengelola proses dan proyek

Setiap kegiatan di dalam pembangunan sistem harus dikelola dengan baik, sehingga process management dan project management harus selalu ada di dalam pembangunan sistem informasi. Proses manajemen berfokus pada tahapan, kegiatan dan standar kualitas di dalam proyek pembangunan yang sedang dilakukan. Sedangkan project manajemen berfokus pada proses mendefinisikan ruang lingkup, perencanaan, alokasi staf, pengarahan, dan pengendalian proyek untuk membangun sistem informasi dengan biaya yang minimum dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Sistem sebagai modal investasi.

Sistem informasi yang dibangun adalah sebuah modal investasi, oleh karenanya sistem yang dibangun harus meminimumkan biaya tetapi tidak menurunkan sisi kualitas dari sistem yang akan dibangun. Selain itu, sistem yang dibangun juga harus memiliki strategic plan untuk jangka waktu tertentu.

Jangan takut untuk membatalkan atau merevisi scope.

Dalam membangun sistem informasi, kita tidak boleh takut untuk melakukan revisi terhadap sistem informasi yang dibuat, apalagi jika ternyata sistem yang direncanakan sejak awal ternyata tidak feasible atau tidak relevan dengan kondisi saat ini yang mungkin selalu berubah.

Desain sistem untuk pertumbuhan dan perubahan.

Di dalam membangun sistem informasi tentunya juga harus memikirkan adanya perubahan dari sistem yang berjalan. Jangan sampai sistem informasi yang dibuat dengan biaya tidak sedikit, ketika perusahaan mengalami perubahaan bisnis proses sistem informasi harus banyak berubah.

Sekian beberapa prinsip membangun sistem informasi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *