XAMPP For Linux / LAMPP VS Install Apache PHP MySQL Sendiri

Posted in Linux, Friday, June 27th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Di Linux, kita bisa dengan mudah menginstall apache, PHP, dan MySQL. Dengan mudah juga kita bisa melakukan setup web server sedemikian rupa sehingga komputer kita seakan-akan sebuah server milik kita sendiri.

Selain menginstall komponen web server tersebut sendiri-sendiri, kita juga bisa menggunakan XAMPP for Linux.

XAMPP for Linux atau yang sering disebut LAMPP (dahulu namanya memang lampp) sama seperti XAMPP di Windows ketika mendevelop aplikasi berbasis website dengan PHP.

XAMPP For Linux / LAMPP VS Install Apache PHP MySQL Sendiri

Permasalahannya, manakah yang lebih baik digunakan? Di bawah ini akan saya uraikan jawabannya menurut pengalaman saya. Nah, karena ini berdasarkan pengalaman saya, maka belum tentu sepenuhnya benar yaa.

Menggunakan XAMPP for Linux atau install Server sendiri?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut baiknya kita identiikasi terlebih dahulu apa tujuan kita ketika menginstall apache, PHP, dan MySQL tersebut.

Ada dua tujuan ketika kita melakukan setup server, yang pertama adalah untuk dijadikan server itu sendiri, dan yang kedua adalah untuk dijadikan development environment.

Ketika tujuan kita adalah untuk menginstall server itu sendiri, maka sebaiknya kita install apache2, PHP, MySQL dan kawan-kawannya secara manual, kita bisa menggunakan apt-get kalau di Ubuntu dan saudaranya. Lengkapnya, silakan buka tutorial yang saya tulis untuk install server di Centos, atau Ubuntu/Elementary OS dan variannya.

Ketika tujuan kita adalah untuk menggunakannya sebagai environment untuk kita develop aplikasi, maka saya sarankan supaya kita menggunakan XAMPP for Linux atau LAMPP saja.

xampp for linux

xampp for linux

Kenapa Menggunakan XAMPP untuk Develop Aplikasi?

Jawabannya sederhana, XAMPP sudah disetting sedemikian rupa sehingga kita dapat dengan mudah menggunakannya untuk develop aplikasi berbasis PHP. Contohnya, kita tidak perlu menginstall driver SQLite jika menggunakan XAMPP, karena semuanya sudah diinclude di dalamnya.

Yang Perlu Diperhatikan

Sebaiknya kita tidak menggunakan XAMPP sebagai webserver kita, hal ini dikarenakan masalah security. XAMPP tidak secure karena tujuannya adalah untuk mendevelop aplikasi, bukan sebagai web server sesungguhnya.

Tidak secure di sini bukan berarti tidak bisa disecure-kan, pasti bisa donk. Hehe

Sekian tulisan singkat tentang XAMPP/LAMPP, Apache, PHP, MySQL, jika ada kesalahan harap maklum yak, yang penting jangan lupa koreksinya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *