Cara Install Apache, MySQL, dan PHP dengan Yum di CentOS

Posted in Linux, Sunday, January 5th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Linux memang sangat bagus untuk server, dan server pasti mempunyai service http atau Apache, MySQL, dan PHP agar dapat menjalankan fungsinya sebagai server.

Pada post sebelumnya saya telah menulis tentang CentOS yang diinstall dengan menggunakan VirtualBox. Post ini merupakan lanjutan dari post tersebut.

Tutorial cara menginstall service-service tersebut telah banyak di internet. Namun, saya ingin mendokumentasikannya di blog ini sebagai catatan supaya mudah ketika harus menginstall lagi.

Cara Install Apache, MySQL, dan PHP dengan Yum di CentOS

Untuk mengikuti tutorial ini, pastikan sudah ada koneksi internet, dan Anda paham tentang bagaimana menggunakan terminal. Berikut ini adalah cara install Apache, MySQL, dan PHP dengan Yum di CentOS.

Pertama lakukan instalasi ketiga service tersebut dengan command:

yum install httpd mysql mysql-server  php php-mysql

Ketika ada perintah y/N tekan y lalu enter untuk melanjutkan. Tunggu sampai proses instalasi selesai setelah itu kita harus melakukan konfigurasi terhadap MySQL yang baru  saja diinstall.

Menjalankan Service Apache Httpd

Untuk menjalankan service http gunakan command:

/etc/init.d/http start

Tunggu beberapa saat sampai ada notif OK berwarna hijau.

Konfigurasi Password MySQL

Perlu diingat bahwa service MySQL tidak berjalan secara otomatis, untuk itu agar kita bisa melakukan konfigurasi, hidupkan terlebih dahulu service MySQL dengan command:

/etc/init.d/mysqld start

Tunggu beberapa saat sampai service berjalan (semuanya harus OK). Selanjutnya ketikkan command berikut ini untuk memberikan password pada user root di MySQL

mysqladmin -u root password passwordanda

Gantilah “passwordanda” di atas dengan password yang diinginkan.

Mengecek Apakah PHP sudah Berjalan

Kita perlu memastikan apakah PHP yang baru saja diinstall sudah berjalan dengan baik. Untuk itu kita dapat membuat script sederhana yang memanggil fungsi PHP sehingga kita tahu bahwa PHP sudah berjalan. Pindah ke direktori /var/www/html/ dengan command:

cd /var/www/html/

Jika Anda sudah menginstall teks editor nano, Anda dapat gunakan command berikut ini untuk membuat file bernama info.php, jika belum, gunakan vi hehe

nano info.php

Isikan code berikut ini

<?php echo phpinfo(); ?>

Save dengan menekan tombol Ctrt+O dan jalankan file tersebut melalui browser. Oh iya, karena CentOS yang saya pake, tidak memiliki interface, saya menggunakan browser lynx.

cara install apache, mysql, dan php dengan yum di centos

Lynx Browser

Agar Service Selalu Berjalan Ketika Booting

Terakhir, kita harus memastikan agar service-service di atas otomatis berjalan ketika booting, yang harus anda lakukan adalah menjalankan command berikut ini, jalankan perbaris yak!

/sbin/chkconfig httpd on
/sbin/chkconfig –add mysqld
/sbin/chkconfig mysqld on
/sbin/service httpd start
/sbin/service mysqld start

Oke, silakan reboot dan testing-testing sesuka Anda.

Sekian tutorial cara install Apache, MySQL, dan PHP dengan Yum di CentOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *