Cara Memotong File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Bagian

Posted in Linux, Windows, Monday, November 26th, 2012, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Apabila anda ingin mengcopy sebuah file berukuran besar misalnya 4.5GB, sementara flashdisk anda hanya berkapasitas 4GB, tentunya anda harus mencari cara alternatif untuk mengcopy file tersebut.

Setidaknya ada beberapa hal yang dapat anda lakukan jika mengalami kejadian seperti itu, seperti mengurungkan niat untuk mengcopy file tersebut, “Ah ntar aja deh ngopy nya, flashdisku nggak muat” wkwkwk.

Atau mungkin anda dapat meminjam harddisk atau flashdisk yang memiliki kapasitas lebih dari 4GB untuk melakukan copy file. Tentunya ini membuat anda bingung harus meminjam ke siapa.

Opsi terakhir yang dapat anda lakukan adalah memotong file berukuran besar menjadi beberapa bagian sehingga dapat dicopy dengan mudah dan tidak melebihi kapasitas flashdisk anda.

Splitting File

Untuk dapat memotong file berukuran besar menjadi beberapa bagian berukuran kecil, anda dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi, misal Winzip, Winrar, dan sebagainya. Disini saya memberikan contoh melakukan split file dengan menggunakan Hjsplit. Hjsplit ini bersifat freeware, yang berarti anda dapat menggunakannya secara gratis. Selain itu, Hjsplit dapat digunakan di berbagai platform, seperti Windows, Linux, dan berbagai macam platform lain.

Fitur yang disediakan oleh Hjsplit ini adalah:

  1. Melakukan split file
  2. Melakukan join file (yang sebelumnya di split)
  3. Compare file
  4. Checksum

Untuk mendownload Hjsplit, anda dapat mengunjungi website nya di hjsplit.org

Ternyata memotong file berukuran besar menjadi beberapa bagian mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *