Mematikan Komputer Otomatis

Shutdown otomatis – Mematikan komputer secara otomatis biasanya dilakukan ketika mendownload file berukuran besar atau ketika menunggu proses installasi program. Sebenarnya banyak tool tool gratis yang dapat digunakan untuk melakukan shutdown secara otomatis, misalnya menggunakan media player seperti AIMP atau Internet Download Manager

Dengan AIMP, anda dapat melakukan shutdown secara otomatis, baik ketika playlist selesai diputar, atau sesuai dengan waktu yang kita setel untuk melakukan shutdown atau hibernate. Sedangkan Internet Download Manager memberikan kita fasilitas untuk shutdown atau hibernate secara otomatis ketika kita selesai mendownload suatu file, atau ketika download queue telah selesai dijalankan.

tutorial mematikan komputer secara otomatis auto shutdown otomatis

Selain AIMP dan Internet Download Manager, terdapat tool lain yang memang fungsinya untuk melakukan shutdown secara otomatis, tool ini dapat anda cari dengan mudah melalui search engine.

Selain menggunakan tool tambahan, bagi anda yang tidak mau terlalu ribet install ini install itu, anda dapat menggunakan command prompt untuk melakukan shutdown secara otomatis. Saya sendiri sering menggunakan cara ini ketika meninggalkan komputer kesayangan saya saat akan tidur atau berangkat kuliah.

Command yang digunakan untuk melakukan shutdown secara otomatis adalah:

shutdown /s /f /t 3600

parameter /s artinya memerintahkan komputer untuk melakukan shutdown

parameter /f artinya komputer kita akan shutdown dengan melakukan “force shutdown” jika terdapat applikasi yang masih berjalan

parameter /t artinya memberikan kita delay berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan shutdown. /t 3600 artinya delay yang diberikan untuk shutdown adalah sebanyak 3600 detik atau satu jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *