Apa Itu Nomor Referensi Nasabah BRI Internet Banking?

Beberapa hari yang lalu ketika saya mentrasfer uang dari internet banking BRI ke rekening Mandiri, saya cukup bingung karena diminta memasukkan nomor referensi.

Awalnya saya coba menggunakan aplikasi internet banking di smartphone Android, karena diminta memasukkan nomor referensi tersebut dan tidak tahu apa maksudnya, maka saya coba mengirim lewat browser di laptop. Ternyata lewat browser pun sama, harus memasukkan nomor referensi jika ingin melanjutkan transaksi. Akhirnya saya cari tahu apa itu nomor referensi, dan inilah hasilnya

Apa Itu Nomor Referensi Nasabah BRI Internet Banking?

Nomor referensi nasabah adalah nomor unik yang kita berikan selaku pengirim uang sebagai tanda kita melakukan transaksi. Nomor referensi nasabah biasanya digunakan ketika proses pendaftaran mahasiswa yang harus mentransfer sejumlah uang ketika mendaftar perguruan tinggi. Nomore referensi tersebut digunakan untuk mengidentifikasi siapa calon mahasiswa yang membayar tersebut (dalam kasus pendafataran mahasiswa).

Bagi yang belum pernah mentransfer ke rekening bank lain melalui internet banking, biasanya akan bingung. Tapi jika sudah pernah, tahu bahwa nomor referensi tersebut bisa diisi apa saja.

Berikut ini adalah setelah transfer ke rekening bank lain melalui internet banking BRI. Dapat dilihat bahwa saya memasukkan nomor referensi asal-asalan, karena nomor referensi tersebut yang penting diisi ketika mengirim ke bank lain.

nomor referensi nasabah internet banking bri
Internet Banking BRI

Oh iya, kadangkala ketika membeli barang secara online pun, pihak penjual akan meminta kita mengisikan nomor referensi tertentu. Ya, tujuannya sama, yaitu agar penjual tersebut mengetahui yang mengirim uang adalah kita, sang pembeli barang.

Nah, sekarang Anda sudah tau kan apa itu nomor referensi nasabah? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *