Mengenal Konsep Layer Pada Photoshop

Bagi anda yang sedang belajar Adobe Photoshop, tutorial kali ini saya akan menulis sedikit tentang konsep layer pada Photoshop.

Layer adalah istilah yang sering digunakan ketika kita membuat sesuatu desain dengan menggunakan photoshop. Layer itu sebenarnya sama seperti lembar kerja tempat kita membuat desain tersebut tetapi lembar kerja nya bisa banyak dan ditumpuk tumpuk dalam satu file. Bingung kan? untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Mengenal Konsep Layer Pada Photoshop

Penjelasan ini saya buat secara singkat, awalnya saya membuat dokumen baru di Adobe Photoshop, kemudian saya membuat rectangle berwarna biru dan sebuah text yang bertuliskan Adobe Photoshop CS6. Untuk membuat rectangle atau persegi tersebut saya menggunakan Rectangle Tool, sedangkan untuk membuat teks, saya menggunakan Horizontal Type Tool (T). Secara otomatis ketika kita menggunakan tool tersebut, maka akan terbuat layer baru.

Kini kita mempunyai dua buah layer, ketika kita lihat susunan layer tersebut, Layer yang berisikan text saya taruh paling atas sedangkan layer yang berisi rectangle saya taruh di bawahnya. Maka berikut ini adalah gambar yang muncul.

konsep layer pada photoshop
Layer text berada di atas

Nah, sekarang kita balik, layer rectangle yang kita taruh di atas layer berisi text. Gambarnya tentu berubah bukan?

konsep layer pada adobe photoshop cs6
Layer rectangle berada paling atas

Dari contoh tersebut tentunya Anda sudah sedikit ada gambaran kan? Jadi satu project Photoshop itu sebenarnya terdiri dari banyak sekali layer-layer. Mereka semua kita susun sedemikian rupa sehingga membentuk gambar atau desain yang indah sesuai dengan keinginan kita.

Oh iya, Layer ini bisa kita aktifkan dan bisa juga kita non aktifkan. Cobalah untuk mengeklik icon mata disamping layer. Ketika icon mata menjadi hilang (karena kita klik), maka layer terkait juga menjadi tidak kelihatan.

Bagaimana? ada pertanyaan? Kalau ada silakan tulis pada komentar di bawah. Insya Allah selama saya mampu akan jawab ehe.

Sekian tutorial konsep layer pada Photoshop ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *