Sejarah Perkembangan Versi Android

Posted in Android, Tuesday, November 26th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Siapa yang tidak kenal Android. Android kini telah tersebar pada jutaan smartphone di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Setiap harinya, pengguna smartphone berbasis Android semakin bertambah.

Tidak sedikit orang yang mengenal Android, sayangnya tidak banyak yang mengetahui lebih dalam tentang Android. Kalau tidak percaya coba saja tanya kepada orang di sekitar Anda. Pak, bapak pake Android ya? versi berapa? Nah belum tentu bapak tersebut tahu hehe.

Untuk mengenal lebih dekat mengenai Android, berikut ini adalah ulasan singkat tentang sejarah perkembangan versi Android. Sedangkan jika Anda tertarik belajar develop aplikasi di Android, mungkin tulisan dari rekan saya bisa membantu: Hello World Android Tutorial.

Sejarah Perkembangan Versi Android

Android berasal dari sebuah perusahaan yang bernama Android Inc. Perusahaan tersebut dibeli oleh Google pada bulan Juli tahun 2005 yang lalu. Pada tahun 2007, Google mengumuman bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah ponsel dengan sistem operasi baru yang disebut dengan Android.

Android 1.5 Cupcake

Android Cupcake ini diperkenalkan pada bulan April tahun 2009. Fitur utama dari Android versi ini adalah adanya integrasi dari widget di layar depan (home) dan kemampuan untuk menambah folder di home. Selain itu Android Cupcake sudah mensupport penggunaan Bluetooth stereo, rekaman video, dan copy paste di dalam browser web.

Beberapa smartphone yang menggunakan Android Cupcake adalah HTC Hero, Samsung Moment, LG Eve, dan Motorola Backflip.

sejarah perkembangan versi android android-cupcake

Android Cupcake 1.5

Android 1.6 Donut

Android Donut diperkenalkan pada tanggal 15 September tahun 2009. Beberapa fitur utama dari Android versi ini adalah adanya quick search box, indikator pemakaian baterai, fitur text to speech dan adanya update dari Google Play.

Smartphone yang menggunakan Android versi Donut adalah LG Optimus, Samsung Galaxy, Motorola Devour, Sony Ericsson X10, dan lain-lain.

sejarah perkembangan android android donut

Android Donut 1.6

Android 2.0 – 2.1 Eclair

Android versi Eclair diperkenalkan pada tanggal 26 Oktober 2009. Beberapa fitur utama dari Eclair adalah Google Maps Navigator yang saat itu masih beta, dukungan untuk multiple account, dab fitur pencarian SMS. Selain itu browser dan keyboard juga telah diupdate dengan kemampuan yang lebih baik.

Beberapa smartphone yang menggunakan Eclair adalah Samsung Galaxy S, Motorola Droid, HTC Desire, dan lain-lain.

android eclair

Android Eclair 2.1

Android 2.2 – 2.3 Froyo

Android versi Froyo diperkenalkan pada tanggal 10 Mei 2010. Fitur utama yang ada pada Android versi Froyo adalah adanya dukungan Adobe Flash, portable hotspot, dan multi languange untuk keyboard. Selain itu update juga dilakukan untuk kecepatan dan performa dari Android tersebut.

Beberapa smartphone yang menggunakan versi Froyo adalah HTC EVO, Nexus One, Smamsung Droid Charge, dan lain-lain.

sejarah perkembangan android froyo

Android Froyo 2.2

Android 2.3-2.3.7 Gingerbread

Android versi Gingerbread diperkenalkan pada tanggal 6 Desember 2010. Beberapa fitur utama dari Gingerbread adalah adanya dukungan dari NFC, perbaikan user interface (UI), dukungan SIP dan VOIP, serta penambahan performa.

Beberapa smartphone yang menggunakan sistem operasi ini adalah Nexus S,, HTC Sensation, Motorola Droid Razr, Samsung Galaxy SII, Sony Xperia Play, Sony Xperia U, dan lain-lain. Sebagian dari smartphone yang menggunakan Gingerbread dapat diupgrade ke Android versi selanjutnya, yaitu Ice Cream Sandwich tergantung dari vendor device tersebut.

perkembangan versi android gingerbread

Android Gingerbread 2.3

Android 3.0 – 3.2 Honeycomb

Android versi Honeycomb diperkenalkan pada 22 Februari tahun 2011. Android versi ini khusus dioptimisasi untuk digunakan pada tablet. Beberapa fitur utama dari Android versi ini adalah UI yang didesain secara khusus untuk tablet, action bar, kemampuan multi tasking yang lebih baik, copy paste yang lebih baik dan desain keyboard yang diperbarui.

Beberapa device yang menggunakan Android Honeycomb adalah Samsung Galaxy Tab dan Motorola Xoom.

sejarah perkembangan android

Android Honeycomb 3.0

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android versi ICS ini di perkenalkan pada 19 Oktober tahun 2011. Beberapa fitur utama dari Andorid versi ini adalah kemampuan multi tasking yang lebih baik, face unlock, resizeable widgets, Android beam, dan penambahan fitur lain.

Beberapa smartphone yang menggunakan Ice Cream Sandwich adalah Galaxy Nexus, Sony Xperia T, Samsung Galaxy Note 10.1, dan lain-lain.

sejarah perkembangan android dari waktu ke waktu

Android Ice Cream Sandwich 4.0

Android 4.1-4.3 Jelly Bean

Adroid versi Jelly Bean diperkenalkan pada 9 Juli 2012. Beberapa fitur dari Jelly Bean adalah kemampuan notifikasi dan performa yang lebih baik, smart widget placement, multi user profile untuk tablet (4.2), lock screen widgets (4.2), daydream (4.2). OpenGL ES 3.0 (4.3), Bluetooth Smart Ready, dan pengaturan restricted user profiles untuk tablet (4.3)

Beberapa device yang telah menggunakan Android Jelly Bean adalah Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy Note 3, Sony Xperia Z, Motorola Droid Razr Ultra, dan masih banyak lagi.

perkembangan versi android dari awal sampai sekarang

Android Jelly Bean 4.1

Android 4.4 Kitkat

Saat artikel ini ditulis, Android versi Kitkat belum direlease. Kita semua berharap bahwa Android Kitkat dapat digunakan di seluruh smartphone sehingga semua orang dapat merasakan sensasi dari Android versi terbaru ini.

sejarah perkembangan versi android

Android Kitkat 4.4

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *