Title Tag Bermasalah Setelah Update Plugin WordPress SEO

Posted in SEO, Wordpress, Saturday, February 1st, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Penggunaan title tag yang sesuai merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi posisi kita dalam hasil pencarian Google. Title tag yang mengandung keyword artikel akan mendapatkan posisi lebih di atas dari pada yang title tagnya tidak mengandung keyword dari artikel tersebut.

Pagi hari ini, ketika saya ngeblog seperti biasa, ternyata custom title tag yang saya berikan pada postingan tidak bekerja. Hmm padahal beberapa hari yang lalu semuanya masih normal-normal saja. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa waktu lalu saya mengupdate WordPress SEO plugin ini.

Title Tag Bermasalah Setelah Update Plugin WordPress SEO

Sebenarnya akar permasalahan bukan pada plugin WordPress SEO nya, tetapi pada theme yang digunakan pada blog ini. Theme ini tidak support dengan plugin WordPress SEO, atau dengan kata lain, ada kode yang menyebabkan WordPress SEO tidak dapat mengganti title tag default dari blog ini.

Setelah browsing cukup lama, bahkan sempat berniat menggganti plugin SEO, akhirnya saya putuskan untuk mencari letak kode dalam theme yang menyebabkan permasalahan ini.

title tag bermasalah setelah update plugin wordpress seo

Title Tag

Ketika saya buka file header.php yaitu melalui fitur editor yang ada di Appearance > Editor, ternyata kode pada title tag cukup panjang juga, seperti ini lengkapnya:

<title><?php 
if (is_home () ) { 
     bloginfo('name'); echo ' » ' ; bloginfo('description'); 
} elseif ( is_category() ) { 
     single_cat_title(); echo ' » ' ; bloginfo('name'); 
  } elseif (is_single() ) { 
    single_post_title(); 
  } elseif (is_page() ) { 
     single_post_title();  echo ' » ' ; bloginfo('name');
  } else { 
    wp_title(''); echo ' » '; bloginfo('name');
} ?></title>

Jika diingat-ingat, masalah ini serupa dengan postingan terdahulu yang membahas title tag pada WordPress SEO. Untuk mengatasinya kita cukup mengubah kode yang ada pada tag title tersebut menjadi seperti ini.

<title><?php wp_title('-'); ?></title>

Setelah menyimpan file header.php tersebut, maka fungsi merubah title tag yang ada pada plugin WordPress SEO akan berjalan dengan normal.

Sekian tutorial singkat title tag bermasalah setelah update plugin WordPress SEO, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *