Pengaturan Umum Ketika Membuat Website WordPress

Posted in Wordpress, Friday, October 18th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Setelah berhasil menginstall website berbasis WordPress, tentunya ada pengaturan atau setting yang harus dilakukan agar website menjadi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salah satu hal yang perlu diatur adalah pada bagian General Setting (Pengaturan Umum) dari dashboard WordPress, yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Perlu diketahui bahwa artikel ini adalah lanjutan dari kumpulan tutorial mengenai cara membuat website WordPress. Oleh karenanya Anda dapat melihat pada link tersebut beberapa artikel lain yang mendukung tutorial ini.

Pengaturan Umum Ketika Membuat Website WordPress

Pengaturan umum dapat Anda berikan ketika anda login ke dalam halaman admin website WordPress atau biasa dikenal dengan wp-admin. Setelah itu masuklah ke dalam Setting > General yang berada dalam menu sebelah kiri halaman.

Berikut ini adalah field yang harus anda ubah sesuai dengan tema dari website Anda.

Site Title

Site title merupakan judul dari website Anda. Berikanlah judul yang sesuai dengan tema dari website yang Anda buat.

Tag Line

Tag line menjelaskan tentang website Anda berdasarkan beberapa kata. Berikanlah beberapa kata yang menjelaskan website Anda sehingga orang yang membaca tag line tersebut dapat mengetahui garis besar isi dari website Anda.

WordPress Address (URL)

WordPress Address adalah alamat URL dari WordPress Anda

Site Address (URL)

Site Address secara default adalah sama dengan WordPress Address. Jika Anda ingin home halaman website Anda berbeda dari direktori ketika Anda melakukan instalasi WordPress, maka Anda dapat mengisikannya di field ini.

E-mail Address

Sesuai dengan namanya, Email Address adalah alamat email Anda. Alamat Email ini yang akan dihubungi ketika Anda mendapatkan notifikasi dari adanya update, komentar, maupun post baru.

pengaturan umum ketika membuat website wordpress

General Settings WordPress

Membership

Jika kotak membership dicentang, maka siapapun dapat melakukan registrasi pada website Anda.

New User Default Role

New User Default Role adalah peran default ketika terdapat user baru. Secara default user baru akan mendapat peran sebagai subscriber. Selain Subscriber, ada juga peran sebagai Administrator, Editor, Author, dan Contributor.

Timezone

Timeone menentukan zona waktu dimana lokasi Anda berada.

Date Format

Date Format merupakan format tanggal yang akan muncul pada post Anda. Selain mengikuti format yang telah ada, Anda juga dapat memberikan format sendiri (custom)  sesuai dengan keinginan Anda.

pengaturan umum ketika membuat website wordpress

General Settings WordPress

Time Format

Time Format merupakan format waktu yang Anda dapat menentukan sendiri maupun membuat baru (custom) sesuai dengan keinginan Anda.

Week Starts On

Week Starts On adalah setting hari pertama sebagai awal tiap minggunya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *