Beberapa Software untuk Mengecek Suhu Laptop di Windows

Salah satu hal yang penting untuk kita periksa dalam rangka merawat laptop adalah suhu laptop.

Suhu laptop yang terlalu tinggi tentunya berakibat fatal karena menyebabkan hardware cepat rusak. Kalau di sistem operasi Linux, kita bisa mengecek suhu atau temperatur laptop dengan tool yang namanya lm-sensors. Tool tersebut dijalankan melalui command line atau terminal.
Sedangkan di Windows, ada beberapa software ringan yang dapat kita gunakan untuk mengecek suhu laptop.

Beberapa Software untuk Mengecek Suhu Laptop di Windows

Berikut ini saya share tiga buah software untuk melakukan pengecekan terhadap suhu processor pada laptop.

Core Temp

Software yang Pertama adalah Core Temp. Core Temp dapat di download langsung dan free dari websitenya diĀ http://www.alcpu.com/CoreTemp/.

Setelah menginstall CoreTemp ini, kita bisa langsung membukanya dari start menu dan menemukan beberapa informasi seperti jumlah CPU, model, platform, temperaturnya dan beberapa informasi lain.

Fitur yang dapat diandalkan dari Core Temp ini adalah adanya overheat protection. Jadi kita bisa mengaktifkan semacam alarm yang ketika CPU kita mencapai suhu tertentu maka akan memberikan peringatan kepada kita.

mengecek suhu laptop dengan core temp
Core Temp

CPU Termometer

Software yang kedua adalah CPU Termometer. Software ini cukup simpel, informasi yang diberikan adalah model processor, jumlah core dan berapa suhunya. Kita bisa menampilkan suhu dalam dua ukuran, yaitu Celsius dan Fahrenheit.

Tidak seperti Core Temp, CPU Termometer tidak ada fasilitas alarm, jadi hanya bisa melihat suhu atau temperatur sekarang. CPU Termometer ini bisa di download di http://www.cputhermometer.com/.

mengetahui suhu laptop dengan cpu termometer
CPU Termometer

RealTemp

Software ketiga yang dapat digunakan untuk mengecek suhu laptop adalah RealTemp. RealTemp ini tidak perlu diinstall, cukup download dari http://sdf.sdf extract dan kemudian jalankan RealTemp.exe kita sudah bisa melihat informasi temperatur atau suhu dari masing-masing core di CPU kita.

mengecek suhu komputer dengan real temp
Real Temp

Selain tiga software di atas, pasti masih ada lagi tool atau software untuk mengecek suhu komputer. Jika Anda tertarik untuk mencarinya silakan tanya Google. Dari ketiga software di atas, jika Anda orang yang ga mau ambil pusing, lebih suka simple saya sarankan untuk menggunakan CPU Termometer. CPU Termometer hanya menampilkan informasi suhu saja termasuk model CPU yang ada di laptop.

Ketiga software tersebut free lho, jadi silakan saja mendownload berkali-kali hehe.
Semoga informasi tentang pengecekan suhu laptop dengan beberapa software ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *