Pengertian Bandwidth di Dalam Jaringan

Bandwidth adalah istilah yang sering kita dengar, terutama bagi anda yang gemar berinternet ria dan mengunduh file dari internet.

Selain bandwidth, ada juga istilah latency.

Bandwidth dan latency adalah dua hal penting di dalam jaringan karena mengukur performa dari suatu jaringan atau network.

Dalam post berikut ini akan dibahas mengenai pengertian bandwidth dan latency, pertama mari kita bahas mengenai bandwidth terlebih dahulu.

Pengertian Bandwidth dalam Jaringan

Bandwidth atau sering disebut juga throughput (cmiiw) adalah lebar “width” dari sebuah frequency band. Bandwidth dari sebuah jaringan ditentukan dari jumlah bit yang dapat di transmisikan melalui jaringan/network dalam periode waktu tertentu.

Misalnya sebuah jaringan memiliki bandwidth sebesar 10 Mbps, hal ini berarti bahwa jaringan tersebut mampu untuk mengirimkan 10 juta bit tiap detiknya.

Perlu diperhatikan bahwa bandwidth itu berbeda dengan kecepatan. Kecepatan adalah jarak yang ditempuh dalam satu satuan waktu, sedangkan bandwidth adalah banyaknya bit yang dapat dikirimkan per detik. Semakin banyak bit yang dapat dikirim dalam satuan waktu misalnya detik, berarti lebih besar bandwidth nya sehingga menjadi lebih cepat kecepatan transfer datanya. Berarti secara tidak langsung dapat diambil kesimpulan bahwa bandwidth lah yang mempengaruhi besarnya kecepatan transfer data di dalam jaringan.

Jika kita berpikir bahwa waktu diibaratkan sebagai jarak, dan bandwidth adalah banyaknya bit yang terletak di selang jarak tersebut, maka akan kita dapatkan bahwa masing-masing bit di dalam selang tersebut memiliki lebar atau width tertentu.

Perhatikan gambar berikut:

pengertian bandwidth dalam jaringan internet dan LAN
Ilustrasi Bandwidth

Gambar yang terletak di atas adalah bit yang ditransmisikan pada bandwidth 1Mbps dimana masing-masing bit memiliki lebar 1 µs.

Sedangkan gambar yang bawah adalah bit yang ditransmisikan pada bandwidth 2Mbps dimana masing-masing bit memiliki lebar 0.5 µs.

Artinya, semakin tinggi teknologi transmisi maka semakin tipis pula lebar dari bit yang dikirimkan.

Baca juga: pengertian latency

Semoga bermanfaat

7 Comments


  1. Gan mau tanya apa pengaruhnya Bandwidth terhadap BER ??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *