Mengapa Koneksi Internet Saya Lambat

Posted in Jaringan, Tuesday, February 19th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Internet sudah menjadi kebutuhan penting di dalam kehidupan kita. Tanpa internet seorang mahasiswa tidak bisa mencari bahan untuk tugas kuliahnya. Tanpa internet seorang developer tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang tengah dilakukannya. Bahkan tanpa internet seorang ibu rumah tangga tidak bisa memasak untuk keluarganya #plak.

Ya, internet memang telah menjadi kebutuhan penting yang tidak terelakkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Internet menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua, tetapi jangan salah… internet juga dapat menjadi sumber kegalauan jika koneksi internet yang kita miliki sering bermasalah.

Mengapa Koneksi Internet Saya Lambat?

Koneksi internet yang lambat tentunya menjadi sebuah permasalahan yang tidak dapat dianggap enteng. Hanya karena koneksi yang lambat, pekerjaan dan tugas-tugas yang harus kita kerjakan dapat terganggu.

Ada beberapa penyebab mengapa koneksi internet kita menjadi lambat diantaranya adalah:

Internet Service Provider

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor internet service provider (ISP) menjadi faktor utama yang menjadi penentu kecepatan koneksi internet kita. Masing-masing ISP memiliki layanan yang berbeda-beda tergantung harga dan kecepatan yang ditawarkan sehingga anda dituntut untuk bijak dalam memilih ISP sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda.

Ada Tidaknya Sinyal

Setelah ISP, faktor kedua yang menjadi penentu adalah ada atau tidaknya sinyal dari ISP yang anda gunakan di daerah anda. Seberapapun mahalnya paket internet yang anda gunakan, tetapi kalau di daerah anda tidak ada sinyal dari provider maka sama saja.  Maka dari itu ketika kita memilih internet service provider, anda juga harus memastikan bahwa di daerah anda terdapat sinyal dari provider yang rencananya akan anda gunakan. Pastikan bahwa sinyal HSDPA dapat diperoleh secara kuat dan stabil.
mengapa koneksi internet saya lambat

Faktor Eksternal

Selain pengaruh ISP dan sinyal, ada faktor eksternal yang mempengaruhi koneksi internet anda. Misalnya adalah ketika Jakarta mengalami banjir beberapa waktu lalu, koneksi internet sebuah ISP menjadi bermasalah dan tidak dapat digunakan secara normal selama tiga hari.

Pengaruh device yang anda gunakan juga dapat mempengaruhi koneksi internet anda, seperti komputer anda yang mungkin saja melakukan update secara otomatis ketika anda melakukan browsing dan lain sebagainya.

Tiga hal di atas semoga cukup menjelaskan pertanyaan mengapa koneksi internet saya lambat.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *