Volunteer Computing dan Peran Pentingnya dalam Penelitian Ilmiah

Posted in Grid Computing, Friday, March 8th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Volunteer computing adalah sekumpulan orang (volunteers) yang memberikan sumber daya komputernya untuk suatu project. Sumber daya tersebut digunakan untuk melakukan komputasi terdistribusi dan atau penyimpanan data (storage).

Volunteer biasanya adalah masyarakat umum yang memiliki komputer terkoneksi dengan internet termasuk sekolah dan organisasi bisnis juga dapat bergabung secara sukarela.

Volunteer Computing

Project di dalam volunteer computing biasanya bersifat akademik atau penelitian ilmiah meskipun ada juga yang tidak, seperti GIMPS dan distributed.net

Beberapa aspek dari project atau hubungan antar volunteer tidak berarti apapun karena volunteer bersifat anonymous. Meskipun untuk ikut dalam project mereka harus mengirimkan email atau informasi lain, tetapi identitas itu tidak berhubungan dengan dunia nyata.

Karena bersifat anonim, maka volunteer tidak dihitung di dalam projects. Jika volunteer berbuat jahat misalnya mengembalikan hasil perhitungan yang salah maka project tidak dapat menuntut volunteer.

Volunteer harus mempercayai project dalam beberapa hal, yaitu:

  1. Aplikasi dari project tidak merusak komputer atau melanggar privasi
  2. Project bersikap jujur mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh aplikasi dan bagaiman kekayaan intelektual tersebut digunakan
  3. Percaya bahwa project tersebut bersifat aman dan hacker tidak dapat menggunakan project tersebut untuk kegiatan jahat

GIMPS adalah project volunteer computing yang pertama kali dilakukan, yaitu tahun 1995. Selain itu ada juga distributed.net, SETI@home, dan Folding@home. Sampai sekarang terdapat lebih dari 50 project volunteer computing.

volunteer computing

Volunteer Computing

Mengapa Volunteer Computing Penting?

Volunteer computing penting karena beberapa alasan, yaitu:

  1. Jumlah PC yang sangat besar di dunia (> 1 Milyar), volunteer computing dapat menyuplai lebih banyak tenaga komputasi terhadap ilmu pengetahuan daripada jenis komputasi lain.
  2. Tenaga volunteer computing tidak dapat dibeli, tetapi harus diperoleh. Hal ini karena riset memiliki keterbatasan biaya dan harga super komputer sangat mahal. Disisi lain masyarakat umum dapat menghasilkan tenaga komputasi yang besar.
  3. Volunteer computing dapat menambah rasa ingin tahu masyarakat umum terhadap ilmu pengetahuan dan memberikan mereka suara untuk menentukan arah riset terhadap penelitian ilmiah.

Sumber: BOINC Wiki

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *