Mengatasi Masalah Koneksi Internet dengan DNS

Modem nya konek, tapi kok nggak bisa browsing? Padahal baru di isi pulsa kemaren…
Pernah mengalami hal serupa?
Atau mungkin… bandwidth saya gede tapi kok browsing lemotnya minta ampun. Ya memang tidak selamanya kasusnya seperti itu.

Salah satu kasus yang sering adalah ketika kita membuat website dengan domain baru, tapi domain tersebut tidak juga resolve. Mungkin anda perlu mengubah konfigurasi DNS Anda.

DNS yang merupakan singkatan dari Domain Name Server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data yang tersebar di dalam jaringan komputer, misalnya: Internet.

Mengatasi Masalah Koneksi dengan DNS

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima email untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat email.

Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Kalau anda mengalami hal tersebut, anda bisa mencoba mengganti DNS (Domain Name Server) default anda dengan public DNS server dari Google, dalam beberapa kondisi (bisa jadi) koneksi anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya

DNS #1 : 8.8.8.8
DNS #2 : 8.8.4.4

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang DNS bisa ikuti link berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *