Cara Menulis Source Code pada Post WordPress

Posted in Wordpress, Sunday, December 1st, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Bagi teman-teman yang sering post tutorial pemrograman di blog WordPressnya, pasti membutuhkan plugin tertentu untuk menuliskan source code pada tutorial tersebut. Banyak sekali plugin yang dapat  digunakan untuk menulis source code, diantaranya adalah WP Syntax Highlighter.

WP SyntaxHighlighter adalah plugin WordPress yang dibuat dengan menggunakan  library Javascript buatan Alex Gorbatchev’s. Meskipun plugin ini terakhir diupdate bulan Februari tahun 2012 lalu, tetapi sampai saat ini tidak ada masalah ketika saya menggunakannya pada WordPress versi terbaru. Dengan plugin tersebut kita dapat menulis source code beserta dengan format dan line-line yang dapat memudahkan kita untuk membaca source code.

Cara Menulis Source Code pada Post WordPress

Bagi teman-teman yang belum tahu bagaimana cara menulis source code pada post WordPress, silakan simak pembahasan singkat saya berikut ini.

Untuk menulis source code, hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall plugin WP SyntaxHighlighter. Plugin tersebut dapat didownload di http://wordpress.org/plugins/wp-syntaxhighlighter/

Setelah itu Anda harus masuk ke halaman wp-admin untuk melakukan instalasi plugin. Masuklah ke Plugins >> Add New dan pilih tab Upload. Setelah proses Upload selesai, klik Activate. Agar plugin berjalan dengan baik, kita diharuskan untuk masuk ke menu Settings >> WP SyntaxHighlighter, dan menekan tombol Save yang berada di halaman paling bawah (Jika ada perubahan konfigurasi, Anda juga dapat mengubah konfigurasinya sekalian).

Untuk menggunakan plugin tersebut, silakan mencoba membuat suatu postingan. Pada halaman editor untuk membuat post pasti terdapat icon baru yaitu pre dan code.

cara menulis source code pada post wordpress

Icon Code pada Word Editor WordPress

Jika Anda ingin menulis source code, klik icon code tersebut maka akan muncul WP SyntaxHighlighter CodeBox yang di dalamnya teman-teman dapat menuliskan source code yang ingin dipost. Jangan lupa untuk memilih source code bahasa pemrograman yang akan dipost tersebut.

cara menulis source code di postingan wordpress

WP SyntaxHighlighter CodeBox

Sekian post mengenai cara menulis source code pada post wordpress.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *