Memilih Browser Paling Nyaman untuk Digunakan

Perkembangan browser dari waktu ke waktu semakin cepat dan mengagumkan. Hal ini karena hampir semua kebutuhan kita akan software telah terpenuhi dengan adanya aplikasi berbasis web yang tentunya diakses dengan menggunakan browser.

Bahkan bisa saja suatu saat kita tidak perlu menginstall aplikasi atau software lain kecuali “browser”.

Ambil contoh, saat ini sudah ada Google Docs, Online Office, dan aplikasi web lain yang secara perlahan-lahan menggantikan fungsi software offline seperti Microsoft Office.

Ya, meskipun lebih mudah menggunakan versi offline, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa fitur sharing dari aplikasi webtelah membawa software pengolah kata berbasis web tersebut semakin diminati, apalagi jika didukung dengan jaringan internet yang baik.

Memilih Browser Paling Nyaman untuk Digunakan

Ada banyak sekali browser yang terkenal seperti Internet Explorer, Firefox, Chrome, Opera, dan Safari.

Masing-masing pengguna tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang browser tersebut. Biasanya, orang akan menggunakan Chrome atau Firefox untuk membuka web karena memang di komputer kantor dan kampus, kebanyakan menggunakan browser tersebut.

Setiap browser tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini adalah pendapat pribadi saya mengenai beberapa browser yang populer tersebut.

Firefox

Firefox adalah browser dengan pengguna yg cukup banyak. Menurut browser statistics yang diambil dari w3schools, browser dengan logo rubah berwarna orange ini memiliki pengguna sebesarĀ 28.5% yang merupakan posisi kedua setelah Google Chrome.

Bagi saya, Firefox adalah browser yang nyaman digunakan, meskipun terasa berat untuk koneksi pas-pasan. Halaman web ditampilkan dengan jernih, mungkin itulah yang menyebabkan Firefox sedikit terasa berat untuk jaringan internet pas-pasan. Selain itu Firefox memiliki banyak Add on yang dapat digunakan dan memenuhi kebutuhan penggunanya.

Kekurangan dari Firefox bagi saya adalah belum adanya fitur sinkronisasi ke server misalnya menyimpan bookmark, link, password di dalam server.

Chrome

Chrome adalah browser yang paling banyak penggunanya yaitu sebesar 51.7%. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena Chrome adalah browser yang paling up to date dalam menyesuaikan supportnya terhadap HTML 5 dan CSS3.

Anda dapat melakukan browsing dengan cepat di Chrome, karena Chrome melakukan rendering terhadap web dengan sangat baik. Selain itu Chrome juga tersinkronisasi dengan akun Google sehingga secara otomatis bookmark akan disimpan di dalam server Google.

Kekurangan Chrome adalah, tampilan web tidak sejernih ketika menggunakan Firefox, hal ini lah yang menyebabkan web dapat dibuka dengan lebih cepat. Selain itu, masing-masing tab pada browser Chrome memiliki prosesnya masing-masing sehingga menyebabkan RAM akan terkuras. Akibatnya, komputer akan menjadi lebih lambat atau sering hang. Ya, setidaknya itulah yang saya alami.

Opera

Browser dengan pengguna 1.8% ini adalah browser yang saya sukai karena fitur dan inovasinya. Meskipun penggunanya tergolong sedikit, tetapi Opera memiliki fitur yang sangat bagus.

Opera dapat melakukan sinkronisasi ke server dengan Opera Link-nya, selain itu Opera Turbo yang mempercepat browsing ketika jaringan lambat adalah fitur yang patut diacungi jempol.

Opera juga menyediakan fitur sinkronisasi dengan Email yang memungkinkan anda untuk mengelola lebih dari satu akun email di dalam satu browser.

memilih browser paling nyaman

Opera Browser

Internet Explorer dan Safari

Selain tiga browser di atas, masih ada browser bawaan Microsoft yaitu Internet Explorer dengan pengguna sebesar 13% dan Safari dengan pengguna sebesar 4.1%.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan ketika kita membandingkan kecepatan akses internet dari browser-browser di atas. Jika koneksi/jaringan internet anda bagus, maka apapun browsernya anda tetap dapat membuka halaman web dengan cepat.

Perbedaan signifikan hanyalah dari sisi fitur-fitur yang disediakan di masing-masing browser, dimana kita sebagai pengguna yang menentukan mana yang lebih nyaman digunakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *