Cara Mengatasi Komputer Bermasalah Karena Software

Posted in Windows, Tuesday, October 29th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Pernahkah suatu ketika komputer Anda berfungsi dengan normal kemudian tiba-tiba menjadi tidak normal, hang, bahkan tidak mau booting? Mungkin saja Anda berpikir bahwa ini adalah akibat dari virus, tetapi bagaimana jika Antivirus Anda selalu up to date? Jangan panik dulu, bisa jadi permasalahannya adalah hal sepele. Mungkin saja ada software yang bermasalah sehingga menyebabkan sistem operasi menjadi bermasalah juga.

Pada post berikut ini saya akan memberikan sedikit teknik sederhana untuk melakukan troubleshooting terhadap komputer yang bermasalah disebabkan karena software atau service pada komputer tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan komputer dengan sistem operasi Wndows.

Cara Mengatasi Komputer Bermasalah Karena Software

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah software apa yang baru-baru ini Anda install sehingga kemungkinan menjadi penyebab bermasalahnya komputer Anda. Cobalah untuk meng-uninstall software-software tersebut dan melakukan restart. Jika masalah masih terjadi maka Anda dapat melakukan apa yang saya contohkan pada post ini.

Tekanlah tombol Windows dan ketikkan msconfig, pada hasil pencarian yang keluar klik msconfig.exe. Selain itu Anda dapat menekan tombol Windows dan R secara bersamaan, pada kotak dialog yang keluar ketikkan msconfig.

Pemeriksaan Melalui Konfigurasi Startup

Setelah jendela System Configuration terbuka, di dalam nya terdapat lima buah tab yaitu General, Boot, Services, Startup, dan Tools. Pada tab general terpadat tiga buah radio box yaitu Normal startup, Diagnostic startup, dan Selective Startup. Komputer Windows yang berjalan normal tentunya pilihan selalu pada Normal startup. Untuk melakukan diagnostic Anda dapat memilih Diagnostic startup dan melakukan restart. Saat booting kembali, service yang di jalankan adalah service dasar yang diperlukan oleh sistem operasi saja. Jika dalam mode Diagnostic startup ini komputer Anda berjalan normal, maka dapat dipastikan bahwa penyebab bermasalahnya komputer Anda adalah karena software atau service tertentu yang berjalan di komputer Anda.

Selain Diagnostic startup masih ada pilihan Selective startup, Anda dapat memilih pada check box mode yang dilakukan saat startup yaitu Load system services, Load startup items, ataupun Use original boot configuration.

cara mengatasi komputer bermasalah karena software

System Configuration: General

Biasanya ketika Anda memilih Diagnostic startup, maka komputer yang sebelumnya tidak bisa booting akan dapat booting dengan lancar karena service yang dijalankan pada startup ini adalah service-service yang dibutuhkan saja.

Pada tab kedua terdapat tab Boot, dimana di dalamnya akan terdapat list dari bootloader pada komputer Anda. Pada tab Boot ini Anda dapat mengatur boot options seperti Safe boot, booting tanpa GUI dan lain-lain. Jujur saya belum pernah bereksperimen dengan opsi pada pengaturan ini, jadi tidak saya jelaskan lebih lanjut.

cara mengatasi komputer bermasalah karena software

System Configuration: Boot

Memeriksa Service yang Bermasalah

Tab ketiga adalah tab Service, di dalamnya kita dapat melihat service-service yang berjalan pada komputer kita. Di sinilah kita bekerja untuk melakukan troubleshooting terhadap service-service yang sekiranya menjadi penyebab akan kerusakan fungsi Windows.

troubleshooting komputer windows bermasalah

System Configuration: Services

Untuk menyembunyikan service-service bawaan Microsoft Anda dapat memberikan checklist pada “Hide all Microsoft Service” sehingga yang tampak hanyalah service dari software-software yang Anda install. Secara bergantian Anda dapat melakukan uncheck dan restart pada service-service yang Ada. Jika setelah di uncheck dan restart komputer berjalan normal, maka service penyebab terjadinya kerusakan dapat dengan mudah ditemukan.

Saya sendiri biasanya menggunakan teknik sebagai berikut:

  1. Pertama saya sembunyikan seluruh Microsoft service, sehingga service yang tampak adalah service yang non Microsoft.
  2. Kemudian seluruh service saya uncheck kemudian saya lakukan restart pada komputer. Jika komputer berjalan normal maka saya yakin penyebab kerusakan adalah ada pada salah satu di deretan service di list tersebut. Jika komputer masih bermasalah, maka saya akan cari cara lain untuk melakukan troubleshooting.
  3. Jika telah yakin penyebabnya adalah salah satu service di list tersebut, maka separuh service akan saya checklist. Setelah itu saya restart komputer, jika komputer masih normal, maka service bermasalah ada pada sisa service yang belum di checklist, begitu seterusnya.
  4. Setelah saya temukan service penyebab terjadinya masalah pada komputer, maka saya akan perbaiki service tersebut baik dengan cara repair ataupun install ulang software.
  5. Jangan lupa untuk mengembalikan daftar service yang di checklist seperti semula, supaya komputer dapat kembali seperti sediakala.

Memeriksa Startup Item

Kemungkinan lain penyebab bermasalahnya komputer Anda adalah pada item startup yang bermasalah. Hal ini biasanya menyebabkan komputer Anda tidak dapat booting secara normal, atau setelah selesai booting komputer akan mengalami Hang. Untuk melakukan troubleshooting Anda dapat menggunakan teknik yang sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yaitu dengan melakukan uncheck/check dan kemudian merestart komputer.

cara mengatasi komputer bermasalah karena software

System Configuration: Startup

Pada tab kelima terdapat Tools, yang berisi daftar tool yang ada pada komputer Anda beserta deskripsi dan command untuk memanggilnya.

cara mengatasi komputer bermasalah karena software

System Configuration: Tools

Sekian tulisan saya mengenai cara mengatasi komputer bermasalah karena software. Jika komputer Anda tidak dapat booting sehingga tidak dapat masuk ke dalam msconfig, cobalah untuk memasuki Safe mode, yaitu dengan cara menekan F8 saat booting.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. yudha says:

    kok saya lakukan cara diatas malah tampilan taksbar saya jd berubah, dan printer saya jd hilang semua gmn ini?

    • azuharu says:

      di atas itu untuk melakukan troubleshooting, artinya, kalau penyebab masalahnya sudah ditemukan, kembalikan ke kondisi awal kecuali service yang bermasalah tadi…