Cara Download Menggunakan Proxy dengan Free Download Manager

Posted in Windows, Saturday, December 21st, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Kadangkala ketika kita download, kita perlu menggunakan proxy agar situs download yang tadinya diblock oleh provider dapat diakses oleh kita. Setiap software download, biasanya dilengkapi dengan konfigurasi proxy agar dapat mendownload file melalui proxy tertentu.

Free Download Manager adalah salah satu software manajemen untuk download yang gratis. Sebelumnya saya telah mereview sedikit tentang software tersebut di sini.

Cara Download Menggunakan Proxy dengan Free Download Manager

Free Download Manager ini juga dapat kita konfigurasikan agar mendownload melalui proxy. Berbeda halnya dengan IDM yang setting proxynya bersifat satu untuk semua download-an, di FDM ini setting proxy berfungsi untuk satu file download. Jadi kita dapat download berbagai macam file dengan berbagai macam proxy di waktu yang sama.

Setting proxy dapat kita lakukan ketika hendak mendownload file.  Pertama copy link download file yang akan di buat. Buka FDM, kemudian klik icon + di bawah menu file, secara  otomatis FDM akan memasukkan link yang dicopy tadi ke dalam field URL.

cara download menggunakan proxy dengan free download manager setting konfigurasi fdm download menggunakan proxy

Klik icon advanced, dan masuklah ke tab Proxy. Pada radio box, pilihlah yang Specify manually dan isikan proxy serta portnya ke Field Settings di bawahnya. Setelah itu selesai, Anda dapat klik Apply lalu OK untuk kemudian mendownload file tersebut.

Sekian tutorial tentang cara download menggunakan proxy dengan free download manager, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Dwi Utomo says:

    Makasih tipsnya gan
    Gak ada setingan global seperti pada IDM