Tips Memilih Power Bank Terbaik Agar Tidak Salah Membeli

Power bank – Siapa yang tidak kenal benda yang satu ini. Terutama bagi pengguna smartphone, power bank kadang-kadang menjadi hal penting yang juga harus dibawa saat ke kampus ataupun saat bekerja.

Dahulu ketika smartphone masih belum terlalu populer, ketika sebagian besar masyarakat masih menggunakan featured phone, power bank tidak begitu dibutuhkan. Hal ini karena featured phone tidak membutuhkan daya sebanyak smartphone. Fitur-fitur yang semakin canggih di dalam smartphone inilah yang membuat adanya kebutuhan terhadap power bank. Apalagi smartphone yang dipakai berkelanjutan pasti baterainya tidak dapat bertahan selama 24 jam.

Tips Memilih Power Bank Terbaik Agar Tidak Salah Membeli

Bagi Anda yang hendak membeli power bank, Anda harus bersikap selektif agar power bank yang dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini ada beberapa tips memilih power bank terbaik agar tidak salah membeli.

Pilih power bank yang sesuai dengan kapasitas

Tiap-tiap smartphone memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Contohnya adalah Sony Xperia U milik saya yang memiliki baterai  sebesar 1320 mAh, jika saya hendak membeli power bank, maka saya harus membeli yang setara dengan itu atau lebih besar. Ketika saya membeli power bank  dengan kapasitas 3000 mAh, maka saya dapat menggunakannya 2 sampai 3 kali untuk mengisi ulang batterai smartphone saya tersebut.

Perhatikan fitur proteksi yang dimiliki power bank

Fitur adalah hal penting yang juga harus diperhatikan. Beberapa fitur yang dapat Anda pertimbangkan ketika membeli power bank seperti Short Circuit, Over-Charge, Over-Discharge, Over-Heat, dan Over-Current.

Jika Anda belum paham dengan beberapa fitur di atas, berikut ini adalah deskripsinya.

  • Short circuit adalah  fitur perlindungan pada power bank berupa adanya lem silikon untuk menghindari korslet.
  • Over-Charge adalah fitur proteksi pada power bank yang dapat secara otomatis memutuskan suplai listrik apabila baterai smartphone sudah full.
  • Over-Discharge adalah fitur proteksi untuk power bank yang otomatis memutuskan suplai listrik ke powerbank apabila power bank sudah full.
  • Over-Heat adalah fitur proteksi power bank yang akan memutuskan suplai listrik jika power bank sudah terlalu panas. Fitur ini akan melindungi kemungkinan power bank meledak.
  • Over-Current adalah fitur proteksi pada power bank yang secara otomatis akan memutuskan suplai listrik sementara waktu jika terjadi aliran voltase yang tinggi.

Perhatikan tegangan output pada power bank

Biasanya pada  colokan power bank (output) akan kita temui tulisan 1A atau 2 A. Jika colokan tersebut tertuliskan 1A, berarti dapat menghantarkan tegangan sebesar 1 Ampere. Konkritnya, ketika kita punya smartphone dengan baterai sebesar 2100 mAh, maka dengan tegangan sebesar 1 A, baterai smartphone kita akan full dalam waktu 2 jam.

Idealnya, dengan tegangan 2A kita dapat mengisi baterai dengan lebih cepat, tapi ternyata tidak demikian. Kenapa? hal ini tergantung dari device yang Anda miliki. Jika mendukung pengisian dengan 2A, maka proses pengisian baterai tentu saja lebih cepat.

Utamakan kualitas saat membeli power bank

Kualitas adalah pertimbangan utama yang seharusnya kita perhatikan. Percuma jika harga murah tapi mudah rusak. Jadi, sebaiknya Anda juga pertimbangkan merk dan kualitas power bank yang akan Anda beli, tentunya sesuai dengan budget Anda.

Untuk pemilihan merk, supaya Anda lebih yakin belilah merk power bank yang sudah teruji kualitasnya. Ingatlah bahwa banyak kasus yang terjadi dimana power bank yang beredar adalah power bank palsu. Misalnya tidak sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan, komponen abal-abal di dalam power bank, dan lain sebagainya.

Kelengkapan barang saat membeli power bank

Seperti biasa, pastikan kelengkapan barang-barang yang ada pada power bank, seperti lampu indikator, baterai A/C, dan lainnya agar Anda tidak kecewa sesudah membeli. Pastikan juga bahwa power bank yang dibeli tidak dalam kondisi cacat.

Sekian tips memilih power bank terbaik agar tidak salah membeli, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *