Selamat Berbahagia di Sanitation Hackathon

Melanjutkan post sebelumnya tentang kiprah mahasiswa Komputasi Statistik di Start Up Asia Bandung Hackathon dan Gemastik 2012, kali ini saya ingin bercerita tentang petualangan kami mengikuti Sanitation Hackathon. Event ini diadakan di UI pada tanggal 1-2 Desember yang lalu. Mengenai Sanitation Hackathon bisa dilihat di sini. Intinya, tujuan dari Sanitation Hackaton adalah untuk memberikan solusi terhadap masalah sanitasi dengan menggunakan IT modern.

loading...

Kami berjumlah 11 orang, terdiri dari 9 mahasiswa dan 2 alumni yang dibagi menjadi 3 tim yaitu:

  1. Selamat Berbahagia (Bayu, Dea, Nefriana, dan saya sendiri),
  2. Poty (Genzy, Fitri, Tyas, dan Thio),
  3. SigmaFit (Hindar, Ode, Teguh).

Acara dimulai pada tanggal 1 Desember jam 10 pagi, diawali dengan registrasi kemudian sambutan dan penjelasan mengenai teknis “hacking” yang nantinya akan berlangsung selama lebih dari 24 jam. Setelah itu kami dipersilakan untuk makan siang dan sholat.

Dalam Sanhack Jakarta 2012 ini terdapat 8 problem yang harus diselesaikan dengan cara membuat suatu aplikasi. Aplikasi dapat dibuat dengan menggunakan platform apapun sesuai dengan ketentuan di problem tersebut. Kami diberikan waktu sampai tanggal 2 Desember 2012 jam 2 siang.

Selama 24 jam lebih kami bekerja keras untuk menyelesaikan aplikasi sesuai tim masing-masing. Banyak suka duka ketika mengerjakan aplikasi ini, misalnya, saat tengah malam tiba-tiba listrik mati…dan akhirnya ada beberapa tim yang terpaksa mengulang koding karena laptop yang digunakan tiba-tiba mati. Tapi yang paling enak adalah, kita ga bakal merasa lapar di sini, sebab selain makan terjamin, snack juga luar biasa haha.

Juara Tiga

Singkat cerita, tim Selamat Berbahagia berhasil mendapatkan juara ke tiga dalam kompetisi ini. Meskipun belum juara satu, tetapi juara tiga adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Aplikasi yang kami buat kami beri nama dengan ToiLight, selengkapnya tentang ToiLight bisa dibaca di sini.

selamat berbahagia sanitation hackathon stis sekolah tinggi ilmu statistik azuharu another dream komputasi statistik

Tidak berhenti sampai di sini, kami tim Selamat Berbahagia berniat melanjutkan aplikasi hasil Sanitation Hackathon ini ke ajang internasional, Sanitation Hackathome.

loading...

6 thoughts on “Selamat Berbahagia di Sanitation Hackathon”

Leave a Comment