Persiapan Sebelum Menginstall Windows 8 yang Harus Anda Ketahui

Melanjutkan postingan saya sebelumnya, Sensasi Microsoft Wndows 8, Entah kenapa saya merasa Windows 8 ini “seperti” belum siap release. Ada beberapa fitur yang menurut saya tidak bekerja secara maksimal/tidak stabil. Hmm semoga ini hanya perasaan saya, toh seiring dengan berjalannya waktu pihak Microsoft akan memberikan update yang tentunya akan memperbaiki kinerja dari Windows versi terbaru mereka ini.

Meskipun saya berkata bahwa ada yang “aneh” tapi hal itu tidak mengubah apresiasi saya terhadap sistem operasi ini. Untuk itu saya memberikan beberapa saran yang perlu diperhatikan ketika anda hendak bermigrasi ke Windows 8.

Persiapan Sebelum Menginstall Windows 8

Sebelum anda bermigrasi ke Windows 8, tentunya ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang Windows versi terbaru ini. Jangan sampai ketika anda telah selesai menginstal kemudian merasa kecewa dengan Windows 8. Hahaha, tapi saya rasa tidak mungkin.

Dukungan Driver

Jika anda menggunakan laptop, maka anda perlu memperhatikan hal ini. Tanpa adanya driver, laptop anda tidak dapat berfungsi maksimal. Saya menggunakan Dell Inspiron 1440, dan alhamdulillah selain Bluetooth, semua hardware saya telah terdeteksi. Selain itu, Wireless pada Dell Inspiron 1440 juga belum dapat digunakan untuk konek ke suatu jaringan Wi-Fi, meskipun sudah dapat mendeteksi adanya access point di wilayah sekitar.

Post tentang masalah wireless di Windows 8 dapat anda baca di Mengatasi masalah wireless Windows 8.

persiapan sebelum menginstall windows 8
Logo Windows 8

Software Compability

Meskipun pihak Microsoft telah meng-klaim bahwa tidak ada masalah compability terhadap software-software lama pada Windows 8, tetapi kita juga perlu berhati-hati. Pasalnya ada beberapa software yang ternyata tidak dapat digunakan pada Windows 8. Pengalaman pribadi saya, yaitu ketika menginstall Driver modem Smartfren CE682 ternyata Aplikasi modem tersebut tidak berfungsi dengan baik (terdapat bug) meskipun masih bisa digunakan secara normal.

Koneksi Internet

Mungkin ini adalah saran paling aneh, tapi jangan salah, koneksi internet adalah yang paling penting. Dengan adanya koneksi internet anda bisa melakukan update dari Windows 8 yang anda miliki, tentu saja kalau anda menggunakan Windows asli hahaha. Disisi lain, anda memang membutuhkan koneksi internet untuk memaksimalkan penggunaan Windows 8 ini, karena banyak fasilitas yang disediakan oleh Microsoft yang berbasiskan internet.

Sebenarnya masih banyak saran tentang persiapan menginstall windows 8 yang dapat saya tulis disini, tetapi untuk saat ini saya rasa cukup, jika ada yang memiliki saran tambahan, anda dapat menuliskannya di kotak komentar.

16 thoughts on “Persiapan Sebelum Menginstall Windows 8 yang Harus Anda Ketahui”

    1. haha tenang, sekarang blm bisa konek ke wifi kampus, entah dari certificate atau apanya, klo ke access point lain bisa kok

  1. Cuma share saja pengalaman saya dengan windows 8.
    Design : benar-benar kerasa seperti “Ubuntu”, tetapi dengan fungsi yang setengah hati yang membuat menjadi lebih rumit dari yg seharusnya.
    Salah satu hal yg merupakan kesalahan fatal yg dilakukan microsoft adalah mengubah windows start menu dulu yg “simple”, yg bisa dikatakan salah satu daya tarik dari windows. Dan, ya, saya pengguna windows dari windows 98, benar-benar ingin tertawa melihat hal ini.

    Performa : total penggunaan waktu untuk menginstall software lebih lama dari 2 windows legendaris (selain windows 98), yaitu XP dan 7. Lamanya waktu bukan ketika menyalin data ke hdd, melainkan dalam proses register program tadi ke windows tersebut.

    Kompatibilitas : Driver untuk printer Fuji Xerox tidak bisa digunakan di windows 8, pdhl driver tersebut bisa digunakan mulai ME sampai dengan 7.

    Kesimpulan : Sementara saya akan tetap bertahan dengan Windows XP, Windows 7, dan Maya.

    1. Melihat dukungan driver yang belum banyak di release oleh vendor, memang sebaiknya kita berpikir 2x untuk menggunakan windows 8, tetapi lebih baik jika kita melihat terlebih dahulu ketersediaan driver dari hardware kita jika ingin menginstall windows 8.

      Maya dengan Cinnamon ya?

  2. saya pake laptop toshiba satelite L510.saya coba windows 8 anehnya ketika konek internet lewat modem, bisa konek di modemnya.tapi tetep no intenet access.wifi juga ga bisa

    1. mohon bantuannya, laptop sy toshiba satelit l510 jg, kok nggak bisa install ke wind.8 ya? keterangannya cant instal di partisi tsb, saya pilih partisi lain ket.jg sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *