Penyebab Hilang Semangat Ngoding Setelah Membuat Aplikasi

Adakalanya kita pasti merasa jenuh dengan rutinitas kita sehari-hari. Begitu juga dengan programmer, bikin program bukanlah hal yang mudah, perlu waktu yang pas, mood yang cukup, dan sikon yang tepat untuk mengerjakan aplikasi tersebut. Sehebat atau secepat apapun kita dalam mendevelop program, kalau mood sedang tidak ada ya apa boleh buat, pasti ga akan produktif ketika ngoding.

loading...

Penyebab Mood Ngoding Menjadi Turun

Mood ngoding bisa saja menjadi turun karena beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

Terlalu semangat ketika ngoding

Semangat adalah hal yang bagus, tetapi jika terlalu semangat hal itu justru bisa berdampak kurang baik pada produktifitas kita. Memang, ketika semangat itu muncul, kita akan menjadi lebih produktif bahkan sampai lupa makan, minum, bahkan tidur sekalipun.

Hal itu lah yang perlu kita waspadai. Setelah kita selesai mendevelop aplikasi tersebut, pastinya tubuh kita akan meminta “ganti rugi”. Semangat yang tadinya berapi-api ketika membuat program akhirnya hilang seketika. Kita merasa butuh istirahat, menenangkan otak, dan akhirnya merasa jenuh dan malas untuk memulai project selanjutnya untuk membuat aplikasi lain.

Banyaknya aplikasi yang harus dikerjakan dalam waktu bersamaan

Biasanya, seorang programmer itu kerjanya terstruktur. Dia tidak bisa mengerjakan aplikasi yang lain dengan maksimal ketika aplikasi yang sedang dia kerjakan belum selesai. Ya, memang seperti itu, jadi ketika ada banyak aplikasi yang harus dia kerjakan dan waktu untuk menyelesaikannya sangat terbatas pasti akan membebani pikiran si programmer.

Hal tersebut bisa saja berdampak pada produktifitas dalam mengerjakan program. Alih-alih mengejar deadline, karena banyak yang harus dikerjakan malah ga dikerjakan sama sekali hahaha. Ini tentu berbeda-beda setiap orang yak. mood ngoding

Permintaan Klien yang tidak jelas atau sulit dipenuhi

Kadangkala klien ada yang meminta aplikasi dengan fitur aneh-aneh padahal fitur itu sama sekali tidak begitu penting untuk aplikasi yang sedang dibuat.

Selain itu, klien juga kadang-kadang susah menjelaskan kebutuhan dari aplikasi yang harus dibuat oleh programmer. Akibatnya, programmer menjadi kebingungan, sebenarnya apa yang harus dibuat.

Hal ini lah yang membuat programmer menjadi malas untuk mengerjakannya. Nah, mungkin beberapa hal di atas adalah beberapa pengebab mood ngoding menjadi turun.

Kita harus pandai-pandai mengatasinya jika merasakan mood ngoding kita mulai hilang, karena, jika dibiarkan akan berakibat pada kinerja kita yang tidak produktif.

Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Comment