Penyakit Menular Lewat Nyamuk dan Cara Mengatasinya

Tahukah kamu, bahwa banyak penyakit menular lewat nyamuk yang berbahaya. Nyamuk adalah salah satu jenis serangga yang paling sering kita temui. Jika kita tidak menjaga kebersihan, rumah kita akan terdapat hewan yang seringkali menyebalkan ini.

loading...

Biasanya, nyamuk akan mengganggu kita di pagi dan malam hari. Bukan hanya suaranya yang mengganggu, tetapi juga gigitannya yang membuat kita gatal dan tidak bisa fokus bekerja.

Di negara kita Indonesia sendiri, ada sekitar 450 jenis spesies nyamuk.

Dari sekian banyak jenis nyamuk tersebut, beberapa di antaranya dianggap berbahaya karena dapat menularkan penyakit. Simak ulasan singkat yang saya tulis untuk mengetahui penyakit tentang nyamuk dan cara penanggulangannya.

Penyakit Menular Lewat Gigitan Nyamuk

Ada banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat gigitan nyamuk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit menular lewat nyamuk yang pertama adalah DBD. DBD atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu virus dengue. Penyakit Demam berdarah ini adlaah penyakit yang mudah menular. Nyamuk yang menjadi penyebab penularan penyakit DBD ini adalah nyamuk nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Beberapa gejala dari DBD adalah, adanya demam yang sangat tinggi, nyeri kepala berat, nyeri pada otot dan tulang. Kemudian nyeri pada bagian belakang mata dan juga diserta nafsu makan yang menurun drastis. Selain itu, mual dan muntah juga terjadi pada penderita penyakit demam berdarah.

2. Malaria

Penyakit Malaria adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh parasit. Parasit ini ada di dalam tubuh nyamuk Anopheles.

Jika Anda digigit nyamuk Anopheles betina yang di dalam tubuhnya terdapat parasit Plasmodium ini, maka Anda dapat terkena penyakit Mlaria.

Akibat dari gigitan nyamuk anopheles ini dapat menyebabkan tubuh menjadi menggigil. Setelah itu, akan disertai dengan demam yang umumnya berlangsung selama 2-3 hari. Jika berkembang parah tanpa diobati, malaria dapat menyebabkan koma.

3. Kaki Gajah

Kaki gajah sebenarnya disebabkan oleh cacing. Hiiiā€¦ Cacing apa yang bisa bikin penyakit ini?

Ada tiga jenis cacing yang menyebabkan penyakit kaki gajah. Cacing ini termasuk dalam golongan cacing filaria, yaitu Wuchereria bancrofti, Brugia timori, dan Brugia malayi.

Berbeda dengan penyakit malaria, penyakit kaki gajah ini ditularkan lewat semua jenis nyamuk. Contoh jenis nyamuk yang menularkan penyakit kaki gajah adalah nyamuk Culex, Mansonia, Aedes Aegepty, Anopheles.

4. Chikungunya

Penyakit chikungunya adalah penyakit yang mirip seperti demam berdarah. Gejalanya berupa demam, menggigil disertai sakit kepala serta adanya bintil merah pada kulit.

Perbedaannya adalah, orang yang mengalami sakit chikungunya mengalami sakit nyeri sendi di bagian lutut dan siku.

Selain 4 penyakit di atas, masih ada beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, seperti Demam kuning, Zika, dan radang otak (Japanese encephalitis).

Melihat berbahayanya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, maka kita harus lebih hati-hati lagi. Jangan sampai kita atau keluarga kita terkena gigitan nyamuk yang membawa penyakit seperti di atas.

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

Ada beberapa cara untuk mencegah dan menghindari gigitan nyamuk. Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi populasi nyamuk di rumah Anda.

1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang paling mudah yang dapat dilakukan. Jangan biarkan pakaian kotor bergelantung di belakang pintu, karena itu akan menyebabkan nyamuk suka bersarang di situ.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan diri. Jangan malas mandi!

2. Melaksanakan 3M

Dengan melaksanakan 3M (menguras, menutup, mengubur) akan mencegah nyamuk untuk berkembang biak di lingkungan kita. Dengan cara ini, rumah kita akan lebih terbebas dari nyamuk.

3. Membunuh nyamuk dengan obat

Cara ini digunakan jika rumah Anda telah terlanjur banyak nyamuk. Dengan menggunakan obat nyamuk maka diharapkan nyamuk akan mati dan pergi dari rumah tempat tinggal Anda.

Jika obat nyamuk biasa tidak mempan, maka Anda mungkin harus melakukan pengasapan / fogging pada tempat tinggal Anda.

Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan jasa fogging nyamuk di Jakarta. Setelah melakukan fogging, nyamuk pasti akan mati dan tidak berani kembali lagi. Tentunya Anda tetap harus menjaga kebersihan yaa.

Demikian artikel tentang penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Comment