Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

pengertian iklan

Bagi sebagian orang, membuat website saja tidaklah cukup. Website yang dibuat seharusnya dapat menghasilkan sesuatu yang menguntungkan bagi pemiliknya. Oleh karena itu banyak pemilik  website yang memasang iklan di dalam konten dari web mereka. Ya, iklan adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari website.

loading...

Selain iklan, ada banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari website seperti menjual barang. Hal itu bisa dilakukan jika website yang dibuat memang untuk toko online, sedangkan untuk website biasa tentu tidak cocok, iklanlah yang lebih cocok.

Dengan memasang iklan di website atau blog berarti Anda telah menjadi seorang “publisher” iklan.

Pengertian Iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yg ditawarkan. Selain itu iklan juga berarti pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Pengertian iklan menurut para ahli

Iklan sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda dari para ahli. Menurut Durianto (2003 : 1), iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

Menurut Kriyantono (2008 : 174), iklan adalah sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

Sedangkan menurut Lee (2004) iklan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, Koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

pengertian iklan
Online Advertising

Iklan dalam Website

Beberapa pengertian di atas adalah pengertian yang umum. Saat ini, iklan juga ditampilkan dalam halaman web. Salah satu iklan yang menjanjikan di web adalah Google Adsense.  Contoh iklan dari Google Adsense dapat Anda lihat pada blog ini, dan ini adalah sharing pengalaman saya mendaftar Google Adsense. Ya, bagi orang-orang yang ingin menjadi publisher, Google Adsense adalah tujuan utama mereka. Hal ini karena Google Adsense adalah salah satu produk dari Google dimana revenue atau pendapatan yang dapat dihasilkan dari Google Adsense lebih menjanjikan daripada iklan-iklan yang lain. Selain Google Adsense, ada banyak iklan yang dapat dipasang, misalnya saja dari Bidvertiser, Chitika, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat

loading...

You May Also Like

About the Author: fahmialazhar

Seorang programmer yang suka berbagi informasi seputar teknologi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *