Pengertian Etika Bisnis, Prinsip dan Manfaatnya untuk Anda

Pengertian etika bisnis sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi bagi anda yang merupakan seorang pebisnis yang sedang mengelola atau menjalankan usaha tertentu. Sebagai makhluk sosial, pastinya anda tidak bisa hidup sendiri dan perlu menjalin hubungan dengan sesamanya.

loading...

Agar bisa menjalin hubungan yang baik, maka ada nilai yang tergabung di dalam tata cara hidup bermasyarakat atau yang sering disebut dengan etika. Etika yang baik pastinya bisa membantu anda dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih mudah.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan etika bisnis itu? Seberapa penting peranan etika bisnis dan perlukah anda menerapkannya?

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan kegiatan bisnis. Mencakup semua aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan juga masyarakat.

Adanya etika bisnis mempunyai peran yang sangat penting. Sebab bisa membentuk norma nilai dan perilaku karyawan serta pimpinan. Ini dilakukan agar bisa membangun hubungan yang adil dan sehat bersama dengan mitra kerja, masyarakat, maupun pemegang saham.

Etika bisnis sendiri menjadi salah satu aturan yang tidak tertulis mengenai cara menjalankan bisnis dengan adil dan sesuai dengan hukum yang diberlakukan di negara tersebut. Selain itu, etika bisnis juga tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaan di masyarakat.

Memahami pengertian etika bisnis bisa menjadi pedoman dan standar untuk setiap karyawan, termasuk manajemen. Selain itu, etika bisnis juga dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Sebagai landasan moral luhur, kejujuran, transparansi, dan sikap profesional.

Prinsip Etika Bisnis

Bisnis yang beretika perlu dipandang dari beberapa sudut pandang. Ada tiga sudut pandang yang mendasari etika bisnis ini. Pertama, ada sudut pandang hukum. Dimana sebuah bisnis yang baik pastinya tidak akan melanggar aturan hukum yang berlaku yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya, ada sudut pandang moral. Sebuah bisnis yang baik pastinya akan sesuai dengan ukuran moralitas yang ada. Ketiga adalah sudut pandang ekonomi. Bisnis yang baik adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan tanpa merugikan orang lain.

Selain mengetahui pengertian etika bisnis, memahami prinsip etika bisnis juga sangat penting. Sebab, prinsip yang bisa dijadikan sebagai pedoman perilaku dalam menjalankan etika bisnis juga sangat penting peranannya. Adapun prinsip tersebut diantaranya:

1. Prinsip Integritas Moral

Ini merupakan prinsip teguh untuk tidak merugikan orang lain dengan segala keputusan serta tindakan bisnis yang telah diambil. Prinsip tersebut dilandasi dengan kesadaran bahwa setiap orang harus dihormati, baik harkat serta martabatnya.

2. Prinsip Kejujuran

Prinsip kejujuran di dalam etika bisnis menanamkan sikap bahwa sesuatu yang dipikirkan itu berarti sesuatu yang dikatakan. Sedangkan apa yang dikatakan merupakan sesuatu yang dikerjakan.

Di dalam prinsip ini akan mengedepankan kepatuhan di dalam menjalankan sebuah komitmen dan perjanjian yang telah disepakati.

3. Prinsip Keadilan

Pengertian etika bisnis bisa diperjelas dengan adanya berbagai prinsip di dalamnya. Salah satunya adalah prinsip keadilan. Di dalam prinsip keadilan perhatikan sikap agar bisa memperlakukan semua pihak dengan adil. Sehingga tidak membedakan siapapun dari berbagai aspek yang ada.

4. Prinsip Otonomi

Sementara itu, prinsip otonomi adalah memegang teguh kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab. Itu berarti orang yang mandiri merupakan orang yang bisa memutuskan serta melakukan tindakan berdasarkan dari kemampuan dirinya sendiri. Berdasarkan juga dari apa yang diyakini dan terbebas dari tekanan, hasutan, serta ketergantungan.

5. Prinsip yang Saling Menguntungkan

Prinsip yang satu ini menanamkan kesadaran bila di dalam menjalankan sebuah bisnis membutuhkan win-win solution. Dalam setiap keputusan dan tindakan bisnis yang dilakukan, maka harus diusahakan agar semua pihak merasa mendapatkan keuntungan.

3 Prinsip Umum Etika Bisnis

Memahami pengertian etika bisnis tentu akan mencakup beberapa prinsip umum di dalamnya. Selain lima prinsip etika bisnis yang sudah disampaikan tadi, ada tiga prinsip umum yang bisa memudahkan anda dalam mengimplementasikan etika bisnis tersebut.

Rasa Tanggung Jawab

Di dalam etika bisnis, prinsip umum yang penting adalah tanggung jawab. Di sini yang dimaksud dengan tanggung jawab adalah komitmen perusahaan dalam menciptakan kemakmuran tak terbatas hanya pada pemegang saham saja.

Akan tetapi, juga bisa merata pada pemangku kebijakan dan lingkungan operasional perusahaan tersebut.

Saling Percaya

Rasa saling percaya antara satu dengan yang lainnya bisa membantu implementasi etika bisnis yang baik. Hal ini bisa diwujudkan dengan sikap saling patuh terhadap perjanjian serta aturan yang telah disepakati bersama sebelumnya.

Menghargai Lingkungan

Sebuah prinsip yang tidak kalah penting dalam pengertian etika bisnis yaitu selalu menghargai lingkungan dimana anda tinggal. Setiap perusahaan harus bisa mengelola, menjaga, dan memanfaatkan sumber daya alam dengan efisien. Hal ini demi kelangsungan kelestarian alam dan juga lingkungan yang ada di sekitar kita.

Manfaat Menerapkan Etika Bisnis yang Baik

Ketika sebuah perusahaan menerapkan etika bisnis yang baik, hal ini pastinya akan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan bisnis yang dijalankan. Apa saja tujuan dan manfaat yang diperoleh ketika menerapkan etika bisnis?

Menciptakan Kepatuhan

Saat mengimplementasikan etika bisnis, maka akan terjadi peningkatan kepatuhan terhadap aturan yang telah diberlakukan dalam perusahaan. Dengan demikian, setiap karyawan akan bisa menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak mereka dengan baik.

Mewujudkan Manajemen yang Efektif

Memahami pengertian etika bisnis dan menerapkannya dengan baik akan memberikan manfaat positif bagi perkembangan bisnis. Salah satunya bisa mewujudkan manajemen perusahaan yang efektif.

Etika bisnis bisa menghadirkan dampak positif. Sebab dengan adanya kepatuhan terhadap aturan yang diberlakukan, manajemen yang ada di dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang dijalankan bisa berlangsung dengan efektif. Dengan demikian, perusahaan bisa semakin maju dan berkembang.

Reputasi Meningkat

Manfaat terakhir dari penerapan etika bisnis adalah meningkatkan reputasi perusahaan. Hal ini bisa ditandai dengan meningkatnya suasana integritas dalam sebuah perusahaan.

Etika bisnis mempunyai peranan penting bagi kelancaran usaha yang dijalankan sebuah perusahaan. Sebaiknya anda memahami pengertian etika bisnis dengan baik. Sehingga bisa menjalin hubungan yang baik dengan mitra kerja supaya bisnis juga berjalan lancar.

Adanya etika bisnis dimaksudkan untuk menjauhkan perusahaan atau pelaku bisnis dari citra yang buruk. Karena umumnya perusahaan atau pebisnis yang tidak punya etika bisnis akan berakibat merugikan orang lain.

Tujuan etika bisnis adalah memberikan dorongan kesadaran moral dan batasan-batasan untuk pengusaha atau pebisnis. Supaya bisa menjalankan bisnis mereka dengan adil dan jujur.

Selain itu, akan menjauhkan diri dari bisnis curang yang kemungkinan bisa merugikan banyak orang. Atau berbagai pihak yang punya keterikatan dengan bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

Memahami pengertian etika bisnis dengan baik bisa memberikan motivasi bagi para pelaku bisnis agar terus meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Bisnis bisa berjalan sekaligus diciptakan sebaik mungkin dan bisa disesuaikan dengan hukum yang sudah disepakati.

loading...

Leave a Comment